Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Lahan KPU Sultra Mulai Dipersoalkan yang Mengaku sebagai Ahli Waris

47
Rapat gabungan Komisi I dan II DPR Sultra dengan pemprov. (FOTO:AINI/BKK).

KENDARI, BKK- Lahan Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai dipersoalkan sekelompok orang yang mengaku sebagai ahli waris.

Hal ini diungkapkan Sekretaris KPU Sultra dalam rapat gabungan Komisi I dan II DPRD Sultra, Senin (2/12).

Dibeberkan, lahan awal untuk pembangunan Gedung KPU Sultra seluas 38.214 m2 tetapi belakangan hanya 2.500 m2 dengan sertifikat lengkap sebagai dasar membangun.

“Jadi sebetulnya hanya sepersekian persen dari total luas tanah yang berdiri kantor KPU, tak luas. Dan, muncul isu bahwa ada yang memiliki lahan tersebut. Kita tidak mengerti yang bermasalah ini 2.500 m2 atau yang disebutkan totalitas tanah pewaris seluas 28.814 m2,” katanya.

Syafruddin menegaskan, Gedung KPU Sultra dibangun di atas tanah yang jelas, dengan sertifikat dikeluaran sejak 1995.

“Akan tetapi beberapa waktu ini, kantor KPU Sultra sering didatangi warga yang mengaku sebagai pewaris tanah. Tetapi tidak ada bukti resmi, seperti surat-surat terkait atau sertifikat yang mendasari klaim dari warga tersebut,” jelasnya.

Dia berharap, usulan hibah tanah yang sudah diajukan sampai 11 kali tersebut, agar cepat mendapatkan surat persetujuan. Sehingga, renovasi kantor dapat cepat dilakukan.

Menurutnya, kondisi kantor KPU Sultra sudah tidak memungkinkan untuk menunjang kinerja pegawai yang mencapai lebih dari 100 orang.

“Kalau ada klaim, seharusnya lakukan gugatan resmi pada yang mengeluarkan sertifikat atau gubernur,” kata Syafruddin.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra Hj Isma menegaskan, secara tertulis atau secara resmi tidak pernah ada yang menggugat.

“Secara legal formal, Kantor KPU Sultra sudah memiliki sertifikat resmi. Maka hibah tanah dari pemprov diperlukan agar persoalan dana renovasi dari berjalan lancar,” katanya.

Diketahui, sebelumnya, DPRD Sultra telah melakukan paripurna pembahasan atas usul persetujuan hibah lahan milik pemprov kepada KPU Sultra. (p5/man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"