Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Cegah Peredaran dan Penyalahgunaan Narkoba, Pemkab Konsel Bakal Terbitkan Perda dan Bentuk Desa Bersinar

25
Foto bersama usai melaksanakan rapat kerja teknis Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika. (YUSRIL/BKK)

ANDOOLO, BKK – Untuk mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) akan menerbitkan peraturan daerah (perda) dan membentuk desa bersinar (desa bersih dari narkoba).

Mewakili Bupati, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Armansyah mengatakan, penyalahgunaan narkoba akan berdampak pada penurunan kesehatan, kualitas pendidikan dan kesejahteraan ekonomi, kehidupan sosial dan kualitas lingkungan hidup.

“Selain itu, dapat memicu peningkatan peningkatan kasus hukum berupa peningkatan tindak kejahatan sosial, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pelecehan seksual, dan kecelakaan lalu lintas,” ujar Armansyah saat membacakan sambutan Bupati Konsel pada rapat kerja (raker) bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Kendari, kamarin.

Menurutnya, untuk mengatasi dampak buruk tersebut, perlu dilakukan pencegahan masif dan penindakan hukum secara tegas, serta intensifikasi dan ekstensifikasi kegiatan P4GN ini dengan melibatkan peran aktif seluruh komponen bangsa dan masyarakat.

“Untuk itu, Pemkab Konsel akan membuat regulasi untuk melaksanakan program P4GN kearifan lokal tersebut, berupa Perda tentang penguatan pelaksanaan P4GN dalam rangka memberikan perlindungan dan kepastian hukum pada para penyelenggara program P4GN,” ungkapnya.

Sementara, Kepala BNN Kota Kendari Hj Murniaty mengatakan, kejahatan narkoba harus diberantas dan ditangani secara komprehensif dan menyeluruh, sebagai negara yang menjadi salah satu sasaran terbesar dalam peredaran gelap prekursor narkotika yang dikendalikan oleh jaringan nasional dan internasional.

“Untuk itu, saya mengimbau seluruh stakeholder baik pemerintah, swasta, dunia usaha, lembaga pendidikan, serta masyarakat lingkup Pemkab Konsel, dapat bersinergi dengan kami dalam melaksanakan upaya penanggulangan masalah narkotika secara masif,” tuntasnya. (cr2/r2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"