Bupati Definitif Busel Dilantik  27 Desember

225
La Ode Ali Akbar. (FOTO:FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Akhirnya, Buton Selatan (Busel) segera punya bupati definitif. Pelantikan La Ode Arusani, dijadwalkan pada pekan keempat Desember 2019.

Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Sultra La Ode Ali Akbar mengatakan,  pelantikan bakal dilaksanakan pada 27 Desember 2019. Ia mengatakan, pihaknya sudah mengantongi surat keputusan (SK) pelantikan Arusani yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Dan, sudah saya serahkan ke Gubernur. Paling lambat 27 Desember, Arusani sudah harus dilantik,” jelasnya saat diwawancara sejumlah wartawan di kantor gubernur, Selasa (3/12).

Ali menyebutkan, saat ini pihaknya telah mempersiapkan pelantikan.

“Mulai dari lokasi pelantikan, hingga mempersiapkan undangan, untuk tamu-tamu dalam pelantikan nanti,” jelasnya.

Dijelaskan pula, dalam pelantikan nanti pihaknya juga akan mengundang para kepala daerah se-Sultra.

“Yang jelas pelantikan tidak boleh sampai menyeberang tahun, jadi harus segera dilantik,” ungkapnya.

Diketahui, La Ode Arusani merupakan Wakil Bupati Busel yang berpasangan dengan Agus Faisal Hidayat. Pasangan ini berhasil memenangi Pilkada Busel 2017 dan dilantik 22 Mei 2017 untuk masa jabatan hingga 2022.

Sayangnya, duet keduanya harus terhenti di usia kepemimpinan yang terbilang singkat, karena Agus Faisal tersangkut kasus hukum pada 24 Mei 2018, dan harus diberhentikan dari jabatannya.

La Ode Arusani ditunjuk menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Busel pada 25 Mei 2018. Setelah ada putusan inkrah dari pengadilan terkait status Agus Faisal, DPRD Busel menggelar paripurna dan mengusulkan pengangkatan bupati definitif. Usulan diajukan ke Pemprov sejak Juni 2019, lalu Pemprov meneruskannya di Kemendagri pada awal September 2019 lalu. (p3/iis)

Facebook Comments