Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

PKB Sultra Perpanjang Waktu Penjaringan Balon Bupati

31

 

KENDARI, BKK – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) memperpanjang waktu pendaftaran bakal calon (balon) kepala daerah hingga akhir November.

“Menurut mekanisme partai, penjaringan dilakukan oleh dewan pimpinan cabang (DPC) dan sudah tutup sejak 30 Oktober lalu. Tapi, penjaringan di tingkat DPW masih terbuka dan akan ditangani oleh tim verifikasi wilayah,” ujar Ketua PKB Sultra Usman Sadikin, Kamis (6/11).

Dikhawatirkan, lanjut dia, ada pendaftar di kabupaten, namun kurang srek sehingga DPC tidak menerima, atau sebaliknya calon yang mendaftar merasa kurang cocok dengan DPC.

“Karena banyak kandidat yang begitu. Jadi kita akomodasi mereka yang tidak terserap di DPC. Jika tidak dilakukan, dikhawatirkan ada aspirasi yang tidak tersalurkan. Kita ingin memberikan hak yang sama kepada semua warga negara Indonesia (WNI),” paparnya.

Ia mengatakan, sampai saat ini, belum ada yang mendaftar secara resmi. Namun, ada beberapa figur yang bukan dari kader partai mencoba menjalin komunikasi.

“Sebelum nama-nama balon tersebut diusul ke DPP, partai akan melakukan survei untuk mengukur peluang keterpilihan semua pendaftar. Dan tentunya, yang tinggi elektabilitasnya yang akan dipertimbangkan,” jelasnya.

Ia melanjutkan, DPW akan kerja sama dengan pusat dalam melakukan survei untuk menghindari manipulasi oleh DPC ataupun DPW. Dan, tentu dalam mengusung calon, kita akan berkoalisi dengan partai lain.(p5-p1/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.