Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Pilkada 2020 Bakal Pakai e-Rekap

26
Ade Suerani.

KENDARI, BKK – Penggunaan rekapitulasi elektronik atau e-Rekap tengah dipersiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk diterapkan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.

“Jadi, dengan e-Rekap yang sedang diwacanakan dan direncanakan digunakan untuk Pilkada Serentak 2020 ini, kalau ingin diterapkan maka harus dilakukan revisi undang-undang (UU) pemilihan, dengan memasukkan aturan atau norma mengenai e-Rekap tersebut,” ujar Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum KPU Sulawesi Tenggara (Sultra) Ade Suerani, Senin (4/11).

Selain dianggap efisien dan murah, tingkat kepercayaan publik juga dinilai tinggi, sebab masyarakat dapat dengan mudah mengakses seluruh informasi yang berkaitan dengan pemilu sejak awal hingga usai pemungutan suara.

“Yang sekarang digagas ini kan teknisnya seperti apa. Intinya, sedang disusun teknis e-Rekapnya seperti apa, untung ruginya bagaimana,” jelas Ade.

“Ini sudah dibicarakan oleh banyak pihak, seperti penggiat pemilu yang menganggap lebih banyak nilai plusnya dan kemungkinan besar akan digunakan di Pilkada Serentak 2020 mendatang,” tambahnya.

Ia melanjutkan, KPU baru bisa melaksanakan sistem e-Rekap ini setelah aturan tersebut ditetapkan dalam UU pemilihan, barulah KPU melakukan perubahan atau revisi peraturan KPU (PKPU) tentang rekapitulasi.

“KPU Sultra menunggu kelanjutan tentang ini. Di mana, KPU adalah pihak yang terkait untuk bisa menjelaskan substansi e-Rekap ini. Kita tunggu agenda dari Komisi II DPR RI yang membahas ini (sebagai) leading sector-nya, kemudian dari KPU, bawaslu, dan mendagri yang mengajukan ini,” jelasnya. (p5/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.