Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Perputaran Uang Selama 3 Hari Pameran HPS Mencapai Rp8 Miliar

53
Sukarman, Direktur Perbenihan Hortikultura Kementan menyampaikan sambutan di penutupan HPS, Selasa (5/11). (MITA/BKK)

KENDARI, BKK- Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat, pameran Hari Pangan Sedunia (World Food Day) ke-39 di eks MTQ Square Kendari berhasil menyedot 82.975 pengunjung dalam 3 hari sejak dibuka pada 2 November hingga ditutup pada Selasa (5/11).

Jumlah itu mendekati jumlah penduduk Kabupaten Wakatobi berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2018 sebanyak 95.000 jiwa.

Direktur Perbenihan Hortikultura pada Kementan Sukarman dalam sambutanya saat Penutupan HPS mengatakan, Selasa (5/11), jumlah pengunjung HPS yang mencapai jumlah besar itu tidak lepas dari peran pemerintah provinsi dan kementerian.

“Kita bersyukur, HPS ini bisa berjalan melebihi target kita. Apalagi, peringatan HPS dengan tema Asupan Teknologi Industri Pertanian dan Pangan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Indonesia di 2045 memang menjadi prioritas pemerintah ke depannya. Dan, Sultra menjadi daerah lumbung pangan Indonesia,” kata Sukarman.

Di awal pembukaan saja, yang diselenggarakan di Desa Pudambu Kecamatan Angata Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), dihadiri kurang lebih 50.000 orang, 12 gubernur atau wakil gubernur seluruh Indonesia, 16 duta besar dan perwakilanya, dan 16 perwakilan organisasi internasional.

“Pengunjung juga berasal dari masyarakat yang menghadiri stan pameran di eks MTQ Square selama 3 hari pameran, di mana dalam pameran terdapat¬† 266 stan dan 88 stan kuliner,” bebernya.

Tak hanya jumlah pengunjung yang hampir mencapai jumlah penduduk sebuah kabupaten di Sultra, namun dalam HPS selama 3 hari tersebut, mampu menghasilkan perputaran uang sebanyak Rp8 miliar dari hasil transaksi.

“Total transaksi baik dalam bentuk penjualan langsung di stan pameran dan kuliner, maupun pemesanan barang sendiri sebesar Rp8 miliar,” ungkapnya. (p1/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.