Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Mabespolri Uji Kelayakan Polda Sultra Naik Tipe A

127
Merdisyam.

Kendari, BKK- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Idham Azis di hadapan Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengungkapkan rencana menaikkan tipe 17 kepolisian daerah (polda) menjadi tipe A. Salah satunya Polda Sulawesi Tenggara (Sultra).

Hal terungkap saat pemaparan kelayakan peningkatan tipe Polda Sultra, Selasa (26/11), di Kota Kendari.

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Yasdan Rivai, ketua tim studi kelayakan ini mengatakan, bahwa perubahan tipe polda merupakan prioritas dari Kapolri Idham Azis.

Ia menekankan bahwa personel Polda Sultra harus menyiapkan dengan sebaik-baiknya perubahan tipe ini.

“Usulan perubahan tipe akan diverifikasi Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana di Kemenpan-RB. Bila disetujui, barulah perubahan tipe terwujud,” ujarnya.

Mendampingi Brigjenpol Yasdan Rivai dalam pemaparan ini Kapolda Sultra Brigjenpol Merdisyam, Wakapolda Kombespol Yan Sultra Indrajaya, pejabat utama, dan para kapolres se-Sultra.

Kapolda Merdisyam menjelaskan, Mabespolri menurunkan tim studi kelayakan untuk menilai usulan perubahan tipe Polda Sulawesi Tenggara dari tipe B ke tipe A demi optimalisasi pelayanan masyarakat.

Menurut dia, Polda Sultra telah memenuhi berbagai syarat untuk berubah ke tipe yang lebih tinggi.

Ia menambahkan, perubahan tipe Polda Sultra menjadi tipe A telah diwacanakan sejak lama, pada masa kepemimpinan Kapolda Brigjenpol Iriyanto, pertengahan 2018.

Selain luas wilayah pelayanan, kata dia, juga tingkat kerawanan dan potensi yang mengancam gangguan kamtibmas dapat menjadi pertimbangan untuk naik tipe A.

Beberapa potensi gangguan, rinci Kapoda, di antaranya konflik sosial serta unjuk rasa skala besar dan adanya beberapa kelompok radikal.

Ia melanjutkan, letak geografis Sultra yang strategis menjadi urgen karena menjadi pintu masuk kejahatan lintas batas (transregional crime), seperti peredaran narkoba.

Polda Sultra yang diperkuat 7.040 personel atau terpenuhi 45,17% terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan meningkatkan peran dan inovasi jajaran polres. (p2/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"