Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Lima Mahasiswa Prodi PPA UHO Lakukan Sosialisasi Manfaat Tanaman Herbal

226
Sesi foto bersama seusai pelaksanaan sosialisasi mahasiswa PPA angkatan dua kepada anggota DWP Sub Unit FF UHO.

KENDARI, BKK– Lima mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Apoteker (PPA) angkatan dua Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan Sosialisasi Pemanfaatan Hasil Tanam Kebun Organik kepada anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sub Unit Fakultas Farmasi  (FF) UHO, bertempat di Aula Farmasi, Jumat (22/11).

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya meningkatkan dan memanfaatkan tanaman herbal di lingkungan kampus,  khususnya dimanfaatkan anggota (DWP) Sub Unit FF (UHO).

Kebun organik DWP Sub Unit FF UHO.

Dosen Pendamping yang juga menjabat sebagai Dekan FF UHO, Dr Ruslin SPd MSi mengatakan, pengabdian ini merupakan salah satu bagian dari siklus perkuliahan, yang sifatnya wajib diikuti oleh semua mahasiswa Prodi PPA.

Ia menjelaskan, kegiatan ini terbagi menjadi delapan  kelompok dari 40 Mahasiswa yang tersebar dibeberapa tempat, dimana sasaran dari pengabdian ini sudah ditetapkan oleh Prodi,  yang salah satu sasarannya yakni kebun organik DWP Sub Unit FF.

“Kegiatan ini sangat bagus dan bermanfaat, saya sangat mengapresiasi kepada mahasiswa (panitia) yang telah menyelenggarakan pengabdian ini dengan baik dan sukses,” ujarnya yang juga sebagai pembina DWP Sub Unit FF.

Sementara itu, Ketua DWP Sub Unit FF yang juga istri Dekan FF, Hasriaty Usman, SE MSi menyampaikan ucapan terima kasih atas keterlibatan mahasiswa Prodi PPA yang telah melakukan sosialisasi pemanfaatan dari hasil tanaman yang ditanam di  kebun organik DWP Sub Unit FF.

“Saya berharap, agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali. Tentu dengan inovasinya lagi dalam mengolah hasil tanaman kebun organik (herbal) yang lebih besar sehingga dapat dikomersialkan. Utamanya saat kegiatan rutin minggu sehat yang dilakukan setiap bulan  oleh DWP lingkup UHO,” ucapnya.

Selain itu, Ketua Panitia, Aminung menuturkan, semoga dalam pengabdian ini anggota DWP Sub Unit FF dapat lebih mengetahui manfaat masing-masing  tanaman yang telah di tanam di kebun organik oleh DWP ini.

“Kita sudah memaparkan kandungan, manfaat dan cara menggunakannya, dari tanaman herbal seperti lidah buaya, serai , lengkuas, jahe merah, kumis kucing, sambiloto, daun klorofil, kunyit, nanas, seledri, buah naga, tomat dan lainnya,”

Serta, lanjut dia, bagaimana cara mengolah tanaman tersebut sehingga dapat digunakan sebagai obat herbal, dan kebun organik DWP ini agar terus berkembang, bisa memiliki produk dari hasil tanaman kebun organik.

Beber dia, tanaman di kebun organik (herbal) ini, luarannya dapat dimanfaatkan dengan baik di lingkungan UHO. Semoga kedepannya  mahasiswa  dapat ikut serta dalam pengembangan kebun organik  ini,  sehingga DWP memiliki produk dari hasil tanam kebun organik yang dapat dikomersialkan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Prodi PPA, anggota DWP yang sangat antusias atas dukungan dan partisipasinya sehingga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses,” tuturnya.

Diketahui, lima mahasiswa yang melakukan sosialisasi (pengabdian) yakni, Aminung (Ketua panitia), Febri Dian Fitriana (Sekretaris), Sartini (Anggota), Rezki Indahyani (Anggota), Yuriko Septianny Putri Razak (Anggota). Serta Dosen pendamping,  Dr Ruslin SPd MSi, Henny Kasmawati SFarm MSi Apt, Rina Andriani SFarm MSc  Apt, Halik SPd MPd. (cr1)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"