Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Lima Mahasiswa Apoteker UHO Lakukan PKM di Momen HPS  

146
Kasi Informatika dan Komunikasi Balai POM Kendari, Dra Hasnah Nur Apt MPH (tiga dari kiri) diapit lima mahasiswa PKM Apoteker UHO.
Mahasiswa Prodi Profesi Apoteker UHO saat memberikan informasi kepada masyarakat terkait pangan aman dan sehat.

 KENDARI, BKK – Lima mahasiswa Program Studi (Prodi) Profesi  Apoteker Universitas Halu Oleo (UHO) memanfaatkan momen peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Sulawesi Tenggara (Sultra), untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Ketua Kelompok PKM Profesi Apoteker UHO  La Ode Bahiruddin mengatakan, selain melakukan pengabdian, mahasiswa Profesi Apoteker UHO juga turut memeriahkan HPS bersama Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Kendari.

Ia menjelaskan, seyogyanya pihak kampus meminta pelaksanaan PKM dilaksanakan pada Oktober, November, atau Desember bermitra dengan BPOM Kendari.

“Tapi, kebetulan pada November bertepatan dengan HPS, pihak BPOM mengizinkan kami (mahasiswa) untuk melakukan PKM,” ujarnya.

Ia menuturkan, dalam PKM mahasiswa apoteker dituntut dapat  memberikan informasi pangan yang sehat dan aman dalam bentuk penjelasan langsung maupun brosur.

Dia mengaku, cukup terkejut mendapati sebagian masyarakat yang masih sangat kurang pengetahuannya mengenai pangan yang aman, khususnya mengenai zat tambahan yang tidak seharusnya digunakan pada pangan.

“Pengabdian ini dapat membiasakan kami terjun langsung pada masyarakat, tentu pengabdian ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai calon tenaga kesehatan ke depan,” paparnya.

Oleh karenanya, dia mengaku sangat berterima kasih kepada pihak BPOM Kendari yang bersedia mewadahi kegiatan tersebut (PKM, red).

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Informatika dan Komunikasi Balai POM Kendari, Dra Hasnah Nur Apt MPH berharap semoga dengan momen HPS masyarakat menjadi lebih peduli dengan pangan sehat dan aman.

“Maka mulai dari sekarang masyarakat mesti lebih peduli dan teliti dalam membeli pangan. Dan segera melaporkan kepada kami (BPOM) Kendari  bila menemukan pangan yang mencurigakan,” pungkasnya.

Diketahui, anggota dalam PKM yakni Rifa’atul Mahmudah;  iqra desya jasmin;  Yusni Oktaviani Timung; Merlyn H Ibrahim.(cr1/r2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.