Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Kursi Ketua Komisi DPRD Sultra Dikuasai Pendatang Baru

34

KENDARI, BKK- Pimpinan komisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) didominasi oleh pendatang baru. Ada 16 petahana yang kembali duduk di kursi dewan di antara 45 anggota legislatif periode 2019-2024, namun hanya 1 orang yang menjadi ketua komisi.

DPRD Sultra telah menetapkan pimpinan komisi dan anggotanya masing-masing dari 4 komisi yang terbentuk. Penetapan dilakukan dalam rapat paripurna pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) pada Kamis (24/10).

Komisi I bidang pemerintahan diketuai oleh pendatang baru, Rifqi Saifullah Razak, dari partai Demokrat.

Pria berumur 27 tahun tersebut berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) VI Sultra yang meliputi Kabupaten Konawe, Konawe Utara (Konut), dan Konawe Kepulauan (Konkep), dengan perolehan suara 18.445.

Komisi II bidang ekonomi dan keuangan juga dipimpin wajah baru, Farhana Mallawangan, dari partai Golkar.

Ia berasal dari Dapil V Sultra yang beranggotakan Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka Timur (Koltim). Wanita berusia 45 tahun ini memperoleh suara sebanyak 11.321.

Selanjutnya, komisi III bidang pembangunan diketuai oleh petahana, Suwandi. Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini muncul dari Dapil IV Sultra yang meliputi Kota Baubau, Kabupaten Buton, Wakatobi, Buton Selatan (Busel), dan Buton Tengah (Buteng). Pria berumur 52 tahun ini mendapatkan perolehan suara sebanyak 8.980.

Terakhir, komisi IV bidang kesejahteraan rakyat dipimpin wajah baru, La Ode Freby Rifai dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sarjana hukum berumur 33 tahun ini berasal dari Dapil III Sultra yakni Kabupaten Muna, Muna Barat (Mubar), dan Buton Utara (Butur). Ia mengoleksi 9.867 suara. (p5/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.