Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

KPK Tinjau Desa “Hantu” di Konawe

40
Agus Rahardjo ( MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahadjo sudah berada di Sulawesi Tenggara (Sultra), dalam rangka penyelidikan kasus desa fiktif di Kabupaten Konawe.

“Kita akan meneliti, menyelidiki siapa yang bersalah untuk memastikan siapa yang bertanggung jawab akan hal ini,” terang Agus Rahadjo setelah hearing bersama Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Kamis (7/11).

Kalau ada kasus seperti ini, sebut dia, desa yang mendapatkan alokasi dana desa setiap tahun, namun kemudian desa itu tidak ada, itu jelas harus ditelusuri lebih dahulu.

“Kemudian, yang menikmati jatah dari desa tersebut siapa, yang mempunyai ide munculnya desa tersebut dan diusulkan oleh siapa,” jelasnya.

Ditanya soal total anggaran yang ditelah dialirkan pada desa fiktif di Konawe tersebut, Agus mengatakan belum mempunyai data pasti berkait itu.

“Kita belum mempunyai data akurat tentang itu, jadi kita bergantung pada bukti dana transfer yang telah disalurkan. Juga akan dilakukan pendalaman dan penyidikan lebih lanjut untuk mengetahui kasus ini seperti apa, itu perlu dilakukan,” ucapnya.

“Nah kalau ada transfer, dulu yang usulkan siapa, apakah camat ataukah bupatinya, kan kita belum tahu. Sudah berapa tahun ditransfer, ini kan sudah harus dikembalikan ke kas negara, bukan menjadi SILPA (sisa lebih pembiayaan anggaran). Ini kan transfer dari pusat,” tambahnya. (p5/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.