Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Hampir 2 Bulan Tahanan Narkoba Kabur di PN Kendari Belum Ditemukan

19

KENDARI, BKK- Terdakwa kasus narkoba, Fajar Tamrin, yang dilaporkan melarikan diri saat berada di Pengadilan Negeri (PN) Kelas II A Kendari sekira hampir 2 bulan belum juga ditemukan.

Terdakwa yang dititip jaksa di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari tersebut, dibawa ke PN untuk mengikuti sidang lanjutan pada Kamis (12/9) lalu, ketika ia tiba-tiba menghilang.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan Negeri pada wartawan koran ini mengatakan, Senin (4/11), pihaknya yang melakukan pencarian belum mendapat informasi terkait keberadaan napi tersebut.

“Belum ada (perkembangan info pencarian napi yang lari),” ujar Nanang saat dikonfirmasi perkembangan pencarian napi tersebut melalui via WhatsApp.

Diberitakan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari Abdul Samad dikonfirmasi terkait kaburnya napi tersebut menerangkan, terdakwa yang akan mengikuti sidang diambil dari Lapas pada Rabu (11/9).

Saat itu, sambung dia, ada 2 pengawas dari sipir yang melakukan penjagaan dan 1 pihak kejaksaan yang menandatangani berita acara pengeluaran terdakwa.

“Dua pengawas ini akan diperiksa untuk melakukan klarifikasi, bagaimana terdakwa tersebut bisa kabur,” terang Samad, saat ditemui di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Sesuai peraturan, kata Samad, pihaknya mengeluarkan napi jika ada keperluan proses hukum dari tahanan yang akan dilakukan mitra penegak hukum seperti polda, kejaksaan, dan BNN.

Saat dikeluarkan, sambung Samad, tahanan sepenuhnya tanggung jawab dari yang mengeluarkan tahanan. (p2/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.