Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Direskrimum Polda Sultra Kini Dijabat Putra Muna

36
Kapolda Merdisyam memimpin sertijab di Aula Dhacara. La Ode Aries Elfatar (kedua dari kanan) sebelumnya menjabat wadiresnarkoba.  (SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Merdisyam, Senin (11/11), memimpin serah terima jabatan (sertijab) 4 pejabat yang tergilas rotasi pertama Kapolri Idham Azis setelah menggantikan Tito Karnavian.

Keempat jabatan yang kena rotasi di lingkup Polda Sultra, yakni, direktur reserse kriminal umum (direskrimum), direktur kepolisian perairan (dirpolair), direktur lalu lintas (dirlantas) dan kepala bidang profesi dan pengamanan (kabidpropam).

Jabatan Direskrimum berganti dari Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Asep Taufik kepada Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) La Ode Aries El Fathar. Aries sebelumnya menduduki jabatan Wakil Direktur Reserse Narkoba (Wadiresnarkoba) Polda Sultra.

Asep Taufik diangkat menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri sekaligus menjalani pendidikan Sekolah Setingkat Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri.

Dirpolair Polda Sultra yang selama ini dipegang Kombespol Andi Anugrah kini dipimpin AKBP Suryo Aji, Wadirpolair Polda Sultra. Andi Anugrah ditarik ke Mabespolri menjabat Kabagkerma Korpolairud Baharkam Polri.

Sedangkan, jabatan Kabidpropam Polda Sultra yang ditinggalkan AKBP Agoeng Adi Koerniawan masih kosong. Agoeng Adi Koerniawan digeser sebagai Kabidpropam Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).

Ketiganya masuk dalam 206 nama dimutasi berdasarkan surat telegram Kapolri Nomor ST/3020/Xl/KEP/2109 Tanggal 8 November 2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan Baru di Lingkungan Polri.

Dari surat telegram sebelumnya, yang dikeluarkan Polri, ada satu jabatan di lingkup Polda Sultra yakni Direktur lalulintas (Dirlantas) Polda juga mengalami rotasi.

Dirlantas Polda Sultra Kombespol Wisnu Putra digantikan oleh Kombespol Faisal yang sebelum ini Faisal menjabat Direktur Pengamanan Objek Vital (Pamobvit) Polda Kalimantan Utara (Kaltara). Wisnu Putra sendiri mendapat tugas baru sebagai Dirlantas Polda Bali.

Kapolda Merdisyam pada wartawan koran ini usai sertijab mengatakan, rotasi jabatan di tubuh Polri merupakan dinamika, penyegaran, dan penghargaan jabatan pada anggota Polri.

Personel yang mendapat promosi, sambung dia, sebagai bentuk penghargaan atas kinerja selama bekerja di masing-masing satuan kerja (satker).

“Ini (rotasi jabatan) merupakan satu hal yang wajar. Dan promosi ini sebagai bentuk reward atas kinerja mereka,” ujar Merdisyam ditemui usai sertijab di Mapolda Sultra.

Terpisah, Kepala SubBidang Pengelola Informasi dan Dokumentasi ((Kasubbid P2ID) Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh ditanya soal kursi Kabidpropam yang kosong menerangkan, jabatan tersebut akan berada dalam kendali kapolda.

“Sambil menunggu pejabat baru yang mengisi jabatan sebagai kabidpropam,” terang Dolfi saat ditemui di ruang kerjanya. (p2/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

// Prints content with layout that is selected in panels. // Location: "views/general/post/style-*.php"