Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Begitu Tiba di Kendari, Tamu Asing Langsung Disodorkan Saraba

10
General Manager Claro Kendari Syarir Ramadan memperkenalkan minuman saraba dan markisa khas Sulawesi kepada peserta diplomatik tour.

KENDARI, BKK- Para tamu Hari Pangan Sedunia (HPS ke-39 sudah mulai berdatangan. Kemarin (31/10), sejumlah perwakilan kedutaan dari seluruh dunia menghadiri diplomatic tour, salah satu kegiatan HPS yang tahun ini diselenggarakan di Provinsi  Sulawesi Tenggara (Sultra). Sisanya tiba di Kota Kendari hari ini.

Kepala Biro (Karo) Kerja Sama dan Komunikasi Publik pada Sekretariat Daerah (Setda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Harmin Ramba mengatakan, kedatangan dan kepulangan peserta diplomatic tour HPS melalui  very important person (VIP) Bandara Haluoleo Kendari.

“Dengan menggunakan pesawat Batik Air (ID 6722), Garuda Indonesia (GA 604), dan Garuda Indonesia (GA 696),” katanya, Kamis (31/10).

Penanggung jawab liaison officer (LO) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini menambahkan, dari 25 tamu diplomatic tour dipastikan hanya 23 orang  yang hadir.

“Dikarenakan dari Cambodia 2 orang cancel, tidak dapat tiket pesawat,” terang Harmin Ramba.

Dia mengungkapkan, sejak Kamis tercatat sudah 21 diplomat yang tiba. Kemudian, 2 orang lagi baru datang pada Jumat. Para peserta diplomatic tour diinapkan di Hotel Claro.

Ia merinci, negara yang mengirim perwakilan kedutaan adalah Armenia  sebanyak 2 orang,  Ethiopia 1, Morocco 1, Mercy-USA 2, Suriname 1, dan Belanda  1.

Kemudian, Australia 1, Bangladesh 2, Food and Agriculture Organization (FAO) Bolivia 1, FAO Indonesia 2, JICA (Japan International Cooperation Agency) 2, Saudi Arabia 2, Venezuela 1,  World Food Programme (WFP) 2, Afghanistan 1, dan Nagoya University Japan 1.

Harmin menyebutkan, segala kesiapan dalam menyambut HPS kali ini sudah 100%.

“Dan, kami saat ini sementara di lapangan memantau kelancaran kegiatan ini,” katanya, kemarin.

Disambut dengan Saraba

Pantauan wartawan koran ini Hotel Claro, para tamu asing berdatangan sejak pukul 08.05 Wita, disambut dan dijamu langsung oleh jajaran manajemen hotel.

“Tamu di langsung disambut oleh manajemen Claro dengan menyajikan minuman jamuan berupa minuman tradisional yakni saraba dan jus markisa khas Sulawesi, yang telah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan mereka,” kata General Manager Claro Kendari Syahrir Ramadan, Kamis (31/10).

“Selama kegiatan berlangsung kami jajaran staf Claro Kendari sudah mempersiapkan kebutuhan yang apabila diperlukan oleh para tamu negara,” katanya. (p3-p4/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.