Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

3 Siswa MAN IC Kendari Lulus Seleksi Kegiatan Internasional AYIMUN

37
Ilustrasi.

KENDARI, BKK- Satu lagi torehan prestasi yang didapatkan 3 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC)  Kota Kendari di level internasional. Kali ini 3 siswa berhasil lulus seleksi Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN).

Adalah Arkam Susilo kelas XI IPA 2, Karisma Nurul Izzah Suharyono kelas XII IPA 1, dan Nindy Nur Amalya kelas XII IPA 1.

Kepala Sekolah (Kepsek) MAN IC Kendari Abdul Basit mengaku, sangat bangga dan mengucapkan terima kasih atas torehan ke tiga siswanya tersebut. Sebab, sudah mengharumkan nama sekolah yang dipimpinnya.

“Secara pribadi sekaligus mewakili warga madrasah menyampaikan rasa syukur, apresiasi  serta dukungan kepada siswa yang lulus di AYIMUN. Tentu dukungan moril  dan materil yang memungkinkan oleh pihak madrasah untuk kesuksesan mereka,” ujarnya, Kamis (7/10).

Basit mengatakan, torehan ini akan menjadi pengalaman sangat berharga, serta bakal memberikan motivasi kepada siswa lainnya. Pihaknya akan turut membantu mengupayakan keberangkatan dan tampil di forum internasional.

Dijelaskan, AYIMUN merupakan simulasi atau aktivitas akademik yang di dalamnya pelajar atau mahasiswa dapat belajar tentang diplomasi, hubungan internasional, dan persatuan bangsa-bangsa.

Selai itu, AYIMUN juga mengajarkan riset, public speaking, debat, dan skill menulis dalam berfikir kritis, kerjasama, dan kemampuan kepemimpinan.

“Yang dinyatakan lulus dianggap sebagai delegasi (ambassador) yang mewakili Indonesia. Mereka mendiskusikan suatu topik atau berbagai isu yang sedang terjadi di dunia internasional, dengan delegasi dari negara-negara Asia lainnya,” terang Basit.

Setiap delegasi, Beber dia, diharuskan melakukan sebuah riset sebelum konferensi yang kemudian akan didiskusikan dan didebatkan dengan delegasi lain. Akhir konferensi, delegasi terbaik akan mendapatkan penghargaan dengan beberapa kategori.

Diketahui, tiga siswa MAN IC Kendari bakal  menjalani kegiatan ini bersama puluhan siswa lain dari negara-negara Asia. Kegiatan ini akan digelar di Malaysia pada 15-18 Februari 2020. (cr1/man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.