Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Puskesmas Poasia Terakreditasi Paripurna, Rahminingrum Semringah

4
Rahminingrum. (FOTO: NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Poasia akhirnya terakreditasi Paripurna, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Kendari Rahminingrum semringah.

“Jadi, Puskesmas Poasia telah resmi mendapatkan akreditasi tertinggi (paripurna). Sebelumnya, Puskesmas Poasia terakreditasi Madya,” ujar Kepla Dinkes Kota Kendari Rahminingrum saat dihubungi lewat telepon genggamnya, Minggu (20/10).

Sebenarnya, ucap dia, tahun ini ada 2 puskesmas yang dilakukan reakreditasi, yakni Puskesmas Lepolepo dan Puskesmas Poasia.

“Kedua puskesmas ini sebenarnya sudah dilakukan akreditasi 3 tahun lalu. Tapi, kedua puskesmas itu terakreditasi tatanan Madya saja,” paparnya.

Namun, tambah dia, reakreditasi yang dilakukan tahun ini, Puskesmas Lepolepo berhasil mendapatkan akreditasi Utama, sementara Puskesmas Poasia mendapatkan akreditasi Paripurna.

“Ke depan ini, sekira bulan November ada 2 puskesmas lagi yang kami usulkan untuk diakreditasi, Yakni Puskesmas Nambo dan Puskesmas Jati Raya,” tandasnya.

Dia bilang, dalam proses reakreditasi nanti, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin, agar ke-2 puskesmas ini bisa mendapatkan akreditasi yang lebih baik lagi.

“Untuk mendapatkan akreditasi sebenarnya tidaklah mudah, karena indikatornya sangat banyak. Yakni, lebih dari 700 indikator,” bebernya.

Dia menjelaskan, tujuan akhir dari akreditasi ini adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan di puskesmas.

“Sejauh ini dari 15 puskesmas di Kota Kendari, baru Puskesmas Poasia yang telah terakreditasi Paripurna,” akunya.

Dia mengaku sangat bersyukur Puskesmas Poasia telah terakreditasi Paripurna, hal ini menunjukan bahwa upaya-upaya yang dilakukan selama ini khususnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat Kota Kendari itu dihargai.

“Mudah-mudahan keberhasilan Puskesmas Poasia meraih akreditasi Paripurna tahun ini, bisa menjadi motivasi bagi puskesmas-puskesmas lain menuju akreditasi Paripurna,” tuntas Rahmi. (r2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.