Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Polisi Gelar Operasi Zebra Mulai Besok

31

KENDARI, BKK- Polisi akan menggelar Operasi Zebra 2019 yang dimulai Rabu (23/10) hingga 5 November mendatang.

Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Bina dan Penegakan Hukum (Bingakkum) pada Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ismail Mahmud menerangkan, Senin (21/10), operasi dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari.

“Di sini juga dilakukan secara serentak di wilayah hukum polda. Akan dilibatkan juga dari pihak Polisi Militer (POM) Tentara Nasional Republik Indonesia (TNI),” ujar Ismail, di ruang kerjanya.

Ismail menjelaskan, Operasi Zebra tersebut tidak jauh beda dengan Operasi Patuh yang telah dilakukan sebelumnya.

“Ada 8 poin pelanggaran yang jadi prioritas penindakan selama operasi tersebut,” katanya.

Yakni, pengemudi di bawah umur, melawan arus, tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI), berkendara dalam kondisi mabuk, menggunakan handphone saat berkendara,

kelebihan kapasitas, kelebihan kecepatan, serta tidak menggunakan safety belt bagi pengendara mobil.

Dari 8 poin tersebut, lanjut Ismail, pihaknya akan fokus melakukan penindakan pada pengemudi di bawah umur, melawan arus, berkendara menggunakan handphone, dan tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil.

“Jenis pelanggarannya tergantung wilayahnya. Jadi, di Polda Sultra yang 4 itu jadi prioritas penindakan,” ujarnya.

Masih kata dia, pihaknya sudah melakukan sosialisasi sebelum dimulainya Operasi Zebra, di sekolah-sekolah dan di berbagai instansi.

“Sudah berjalan 2 minggu. Di situ kita beritahukan untuk penyelenggaraan operasi ini, juga sosialisasi untuk melengkapi kendaraannya, terutama surat-surat, seperti, surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK),” jelasnya. (p2/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.