Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Pemkab Muna Tanggung Biaya Pelatihan Dasar Ratusan CPNS Senilai Rp2,4 M

12
Rustam. (FOTO: FITRI/BKK)

RAHA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna menanggung semua biaya pelatihan dasar (prajabatan, red), bagi 260 CPNS pengangkatan tahun 2018.

Buktinya, dalam penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2020, Pemkab Muna telah mengalokasikan anggaran Rp 2,4 miliar lebih, untuk pelaksanaan latihan dasar bagi 260 CPNS Kabupaten Muna itu.

“Komitmen Bupati Muna LM Rusman Emba ST akan menanggung semua biaya pelatihan dasar 260 CPNS kita, telah sahuti sesuai ketentuan. Dalam APBD 2020, telah dialokasikan anggaran latihan dasar itu lebih dari Rp 2,4 M. Sesuai aturan memang pembiayaan latihan dasar (latsar) itu harus pakai APBD, yang akan dilakukan sekitar Januari atau awal Februari tahun depan,” terang Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKPSDM Muna Rustam, pada koran ini kemarin.

Rustam menjelaskan, anggaran rutin BKPSDM Muna tahun 2020 cukup besar, yakni sekitar Rp 4 miliar. Dari dana itu, tambah dia, sebesar Rp2,4 miliar akan digunakan untuk latsar 260 CPNS Muna.

Teknis pelaksanaan latsar ini, kata Rustam, BKPSDM Muna masih berkordinasi dengan BPSDM Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang difasilitasi LAN-RI.

“Yang pasti, kami siap untuk melaksanakannya. Tapi, BPSDM Pemprov Sultra, belum mengiyakan permintaan Pemkab Muna itu. Makanya, sampai saat ini kami masih dalam tahap negoisasi, dengan difasilitasi LAN-RI, agar pelaksanaan pelatihan dasar digelar di Muna,” terang Rustam.

Dia menyebut, besaran anggaran yang akan didapatkan per orang CPNS pada latsar ini sebesar Rp9 juta. Jadi, sebenarnya jika angka itu dikalikan dengan 260 CPNS peserta latsar, ya lebih Rp2, 4 miliar.

Masih kata Rustam, latsar ini dilakukan oleh BPSDM provinsi dan berlangsung di Muna, tetap tidak mengurangi hak hak BKPSDM Muna, dalam penentuan kelulusan.

“Banyak faktor yang jadi penentuan kelulusan. Makaya, para CPNS itu akan diberi materi, yakni evaluasi dan ujian akhir. Pada ujian akhir Pemkab Muna diberikan hak penilian kelulusan, dengan bobot 20 sampai 30%,” pungkas Plt Kepala BKPSDM Muna. (tri/r2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.