Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Pastikan Uang Layak Edar di Momen HPS, BI Layani Penukaran Uang Lusuh

19
Surya Alamsyah. (WATY/BKK)

KENDARI, BKK – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam menjamin peredaran uang layak edar di Hari Pangan Sedunia (HPS), BI akan membuka stand untuk melayani penukaran uang lusuh di lokasi HPS yang di pusatkan di MTQ Kendari.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Perwakilan Sultra Surya Alamsyah mengatakan, BI akan selalu menjaga bahwa uang yang beredar di masyarakat adalah uang yang layak edar, utamanya di momen HPS.

“Jadi, BI akan turun langsung di lapangan dan membuka stand di lokasi HPS, untuk melayani penukaran uang lusuh yang akan melakukan transaksi pembayaran,” ungkapnya, Senin (28/10).

Surya menjelaskan, hal ini dilakukannya agar uang yang beredar di masyarakat itu adalah uang yang layak edar, serta untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam memperlakukan uang rupiah dengan baik.

“Memperlakukan uang rupiah dengan baik yakni dengan menerapkan 5 jangan yaitu jangan dibasahi, jangan dilipat, jangan disteples, jangan diremas, dan jangan dicoret-coret,” ujarnya.

Dia berharap, masyarakat juga peduli terhadap uang rupiah, sehingga kualitas uang jadi lebih baik karena uang (rupiah) adalah simbol bagi negara.

“Dana yang akan disiapkan di momen HPS untuk melayani penukaran uang sebesar Rp500 juta. Mulai pecahan 20 ribu sampai picahan yang terkecil,” pungkasnya. (p4/r2)

Leave A Reply

Your email address will not be published.