Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Kendari

12
Pemadaman kebakaran di lahan kosong di Jalan By Pass Kendari. (SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK – Lahan kosong seluas 700 meter persegi (m2) yang terletak di Jalan By Pass Kelurahan Lahundape Kecamatan Kendari Kota Kendari terbakar,  Selasa (15/10). Untungnya, kobaran api cepat ditangani pihak pemadam kebakaran setempat sehingga tidak menjalar ke tempat lain.

Kepala Kerjasama Publikasi Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari Martoyo menyebutkan, setelah menerima laporan atas peristiwa kebakaran itu, pihaknya langsung menurunkan 1 unit mobil pemadam dengan 6  personel.

“Sekitar setengah jam setelah melakukan pemadaman tepatnya pukul 10.00 Wita, api sudah berhasil dipadamkan,” terang Martoyo saat ditemui di lokasi kebakaran.

Martoyo menyebutkan, pihaknya belum mengetahui sebab pasti kebakaran lahan tersebut. Namun, menurut dia peristiwa ini diakibatkan musim kemarau yang kini melanda Kota Kendari.

“Jadi titik api tadi muncul di beberapa titik. Tim di lapangan tidak menemui  kendala hingga api bisa dijinakkan,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari mencatat pada  September lalu telah terjadi 8 kasus kebakaran. Sebagian besar terjadi di Kecamatan Baruga dan Puuwatu.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Damkar Kota Kendari Ali Kibu mengatakan,  kebakaran yang terjadi pada September lalu itu akibat korsleting listrik, kemudian ulah oknum yang  membuang puntung rokok di sembarang tempat, dan gesekan.

“Karena di musim kemarau seperti ini sangat mudah sekali terjadi kebakaran. Jadi, jika terjadi gesekan maka potensi kebakaran ini bisa saja terjadi,” paparnya.

Ia pun menambahkan, Damkar Kendari selalu siaga 24 jam, sehingga bila terjadi kebakaran pihaknya langsung sigap turun ke lapangan untuk melakukan pemadaman.

“Total mobil pemadam kita yang ada saat ini sebanyak 8 unit, namun hanya 3 unit saja yang masih berfungsi maksimal, sisanya itu kadang-kadang mengalami masalah,” pungkasnya. (p2/nur)

Leave A Reply

Your email address will not be published.