Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Kapolda Janji Investigasi Pelaku Pengintimidasi 9 Jurnalis

7
Ketua AJI Kendari Zainal A Ishaq menceritakan rangkaian intimidasi dan kekersan 9 jurnalis kepada Kapolda Sultra Brigjenpol Merdisyam. (FOTO:JOJON/ANTARA)

KENDARI, BKK- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Merdisyam menegaskan, akan menindaklanjuti kasus kekerasan dan intimidasi 9 jurnalis yang terjadi pada Selasa (22/10).

Dikatakan, pihaknya segera melakukan investigasi. Selain itu, Merdisyam juga meminta maaf kepada para jurnalis atas kelakukan tak terpuji beberapa oknum anggotanya.

“Jadi saya pribadi sebagai kapolda meminta maaf, jika memang ada terjadi hal-hal seperti itu saat liputan. Saya sampaikan ke kabidhumas dan kabidpropam, kita dalami, kita akan melakukan invetigasi jika sudah ada laporan,” ujar Merdisyam saat berkunjung ke Sekretariat Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kendari, Kamis (24/10).

Ia menyadari tugas jurnalis dilindungi dalam Undang-Undang (UU). Dalam pelaksanaanya, sambung dia, antara jurnalis dan polisi saling membutuhkan.

“Sifatnya seperti simbiosis mutualisme, saling barkaitan antara tugas jurnalia dan Polri. Kami tidak antikritik, butuh dukungan dari rekan-rekan,” ujarnya.

Merdisyam menamabhkan, kejadian tersebut bakal dijadikan sebagai bahan evaluasi ke depan.

“Sinergitas tetap terbangun. Kepolisian dengan tugas pokoknya begitupun jurnalis sesuai dengan tugas pokoknya,” tuntas jenderal polisi bintang satu ini.

Diberitakan, sejumlah wartawan di Kota Kendari mengalami tindak kekerasan dan intimidasi saat meliput akasi unjuk rasa yang berakhir ricuh di Depan Polda Sultra, Selasa (22/10).

9 jurnalis yang mendapat persekusi dan intimidasi dari oknum aparat kepolisian yakni yakni Ancha (Sultra TV), Ronald Fajar (Inikatasultra.com), Pandi (Inilahsultra.com), Jumdin (Anoatimes.id), Mukhtaruddin (Inews TV), Muhammad Harianto (LKBN Antara Sultra), Fadli Aksar (Zonasultra.com), Kasman (Berita Kota Kendari), dan Wiwid Abid Abadi (Kendarinesia.id). (p2/man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.