Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Bawaslu Sultra Dorong Peningkatan Partisipasi Masyarakat di Pilkada 2020

23
Bawaslu Sultra menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif. (FOTO:AINI/BKK)

KENDARI, BKK- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mendorong peran strategis untuk meningkapkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2020.

“Dari hasil evaluasi kita, salah satu peran strategis ke depan adalah bagaimana partisipasi masyarakat bisa kita angkat untuk ditingkatkan lagi. Ini yang menjadi bagian Bawaslu melaksanakan pengawasan partisipatif,” Ketua bawaslu Sultra Hamiruddin Udu dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif, Senin (21/10).

Dikatakan, poin pentingnya pengawasan partisipatif masyarakat ini yaitu diharapakan agar semua bentuk kecurangan yang terjadi, dengan adanya keterlibatan masyarakat dapat lebih mudah untuk ditemukan dan diproses.

Hamiruddin menyebut, pada pemilu terakhir, temuan dan laporan yang disampaikan masyarakat sudah terdapat 84 kasus. Sebelumnya, hanya sekitar 11% masyarakat yang menyampaikan laporannya atas dugaan pelanggaran pemilu dari 187 kasus yang ditangani penyelenggara pemilu.

“Dalam penegakkan hukum pemilu, masyarakat mempunyai 2 peran penting yakni sebagai pelapor dan sebagai saksi,” ucapnya.

Hamiruddin menjelaskan, sebagai pelapor, masyarakat sudah disiapkan formulir online terkait pelaporan kecurangan dengan teknis mengisi dan mengirim laporan tersebut. Dan, sebagai saksi, dengan syarat saksi tersebut memilki hak pilih, bisa menyampaikan apa yang menjadi fakta atas pantauan kecurangan yang dilihatnya.

Saksi menceritakan kejadian tersebut dan Bawaslu siap menjaga kerahasiaan identitas ataupun perlindungan sebagai saksi.

“Atas ini, kami mengharapkan partisipasi masyarakat utamanya mahasiswa sebagai agent of change, untung mengawal proses Pilkada mendatang dari segala tindak kecurangan. Sehingga menghasilkan Pilkada yang demokratis dan calon yang terpilih benar-benar orang yang memiliki kompetensi,” pungkasnya. (p5/man)

Leave A Reply

Your email address will not be published.