Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

11 Paket Proyek Pemprov Gagal Tender

4
Rony Yakob La Ute. (FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK- Sebanyak 11 dari hampir 500 paket proyek Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun ini, mengalami gagal tender.

Badan Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Pemprov Sultra melaporkan, total 484 paket proyek dilelang tahun ini, dan proses lelangnya telah dilaksanakan.

Kepala BPBJ Sultra Rony Yakob La Ute mengatakan, Senin (21/10), sebetulnya dari proses lelang yang gagal terhadap 11 paket proyek tadi, dilakukan lelang ulang lagi.

“Namun, tetap saja tidak berhasil,” katanya.

Bahkan, lanjut dia, sebenarnya akan dilakukan penunjukan langsung untuk pemenang tendernya, akan tetapi karena waktu sudah habis maka 11 paket tersebut dinyatakan gagal tender.

“Jadi, 11 paket itu dari 2 OPD (organisasi perangkat daerah), yakni dinas kehutanan sebanyak 5 paket dan dinas kelautan sebanyak 6 paket,” terang Rony.

Sialnya, paket proyek yang gagal tender ini berasal dari dana alokasi khusus (DAK), yang berarti tidak akan dilakukan pengulangan lagi di tahun berikutnya.

“11 proyek ini bukan berasal dari APBD murni, sehingga tidak akan diulang tahun depan, namun hangus secara otomatis,” kata Rony.

Ia menjelaskan, ketika DAK tidak diserap saat lelang maka anggarannya akan ditarik secara otomatis oleh pusat, karena dianggap tidak digunakan.

“Berbeda dengan APBD murni, bila tidak terserap dalam lelang tahun ini bisa dilakukan lelang lagi tahun berikutnya,” bebernya. (p3/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.