Suksesi

Usung Balon Bupati, DPD PAN Butur Utamakan Kader

Muh Rukman Basri Zakariah

BURANGA, BKK- DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Buton Utara (Butur) hingga saat ini belum membuka pendaftaran penjaringan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati. Penjaringan akan dibuka ketika sudah mendapat isntruksi DPP PAN.

DPD PAN Butur sendiri memberikan sinyal bakal mengutamakan kader untuk diusung pada Pilkada 2020 Butur. Meski demikian, ruang publik akan tetap dibuka.

Ketua DPD PAN Butur, Muh Rukman Basri Zakariah mengungkapkan, berdasarkan hasil koordinasi dengan Ketua Umum PAN  Zulkifli Hasan, akan memprioritaskan kader. Jika tidak ada kader, maka bisa dari figur lain untuk diusung.

“Beberapa kali pertemeuan dengan Ketua DPP serta Ketua DPW Abdurrahman Saleh, prioritas kader yang akan diusung dalam Pilkada. Kecuali sudah tidak ada kader,” kata Muh Rukman Basri Zakariah ketika ditemui disalah satu warung kopi di Ereke, Kamis (19/9).

Dijelaskannya, mekanisme pengusulan Balon bupati dan wakil bupati dalam tubuh partai berlambang matahari terbit itu, usulan calon dari bawah. Dalam hal ini dari DPD ke DPW hingga DPP PAN.

Rukman yang juga ketua DPRD Butur ini mengaku, belum ada pihak yang berkomunikasi dengan DPD PAN Butur. Kata dia, Kalaupun ada yang berkomunikasi dengan pengurus lainnya, itu di luar struktur partai. “Saya sebagai ketua juga belum ada yang komunikasi,” ujarnya.

Olehnya itu, Rukman menegaskan, jika ada kandidat yang merasa telah mengantongi dukungan dari PAN, itu adalah pernyataan sepihak. Sebabnya, sampai saat ini PAN Butur belum membuka pendaftaran calon.

Sekedar informasi, DPD PAN Butur pada Pemilu lalu, berhasil mengantongi 5 kursi parlemen. Sehingga, secara otomatis untuk mengusung Balon Bupati dan Wakil Bupati Butur tanpa harus berkoalisi. (r5/man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top