Aktualita

Tukang di Konawe Diuji Sertifikasi

UNAAHA, BKK- Untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di Konawe, pemerintah setempat terus melakukan pembinaan kompetensi kerja di segala bidang, termasuk yang berprofesi tukang.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara saat membuka acara uji sertifikasi tenaga konstruksi, Kamis (19/9).

Dikatakan, uji sertifikasi bagi tenaga konstruksi penting, karena sangat berkaitan dengan legalitas keterampilan para tukang, baik tukang kayu maupun tukang batu.

Dengan sertifikasi ini juga dapat menunjang peningkatan pendapatan para kerja kasar ini. Karena profesionalitas kerja juga akan menunjang dengan penghasilannya.

“Kalau tukangnya sudah profesional. Pasti tawaran kerja juga banyak. Dan upahnya lebih besar karena pekerjaan berkualitas,” terangnya.

Menurutnya, melalui uji sertifikasi, para tukang ini akan memegang sertifikat keahliannya. Sehingga, ke depannya ketika ada proyek kontruksi dari PUPR mereka harus diprioritaskan sebagi buruh kerja konstruksinya. Kemudian, dari sisi upah kerja harus meningkat sesuai dengan standar upah minimum yang seharusnya.

Ia berpendapat, fenomenya selama ini kerap para tukang lokal bekerja dalam suatu  proyek hanya sebagai buruh biasa, karena kompetensinya kurang diandalkan sehingga upah yang didaptakannya juga minim.

“Nah, dengan uji sertifikasi ini yang lulus sudah akan mendapat sertifikat sebagai pekerja ahli,” ujarnya. (irm/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top