Beranda

Polda Kesampingkan Komnas-HAM, Tegaskan Proses Hukum Warga Wawonii Berlanjut

Warga Wawonii berunjuk rasa menolak aktivitas perusahaan tambang.

KENDARI, BKK- Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) tak mengindahkan saran dan permintaan dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusi (Komnas-HAM). Polda bersikukuh melanjutkan proses hukum terhadap puluhan warga Wawonii, yang dilaporkan pihak PT Gema Kreasi Perdana (GKP).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Sultra Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Harry Goldenhardt mengaku, pihaknya menghargai permintaan dari Komnas-HAM. Namun, pihaknya tetap memproses peristiwa pidana yang dilaporkan, jika memang cukup 2 alat bukti.

“Di satu sisi, polri selalu berupaya menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap kondusif. Namun di sisi lain ada peristiwa pidana yang dilaporkan, karena ada dasarnya. Proses hukum tidak akan dilanjutkan,” tegas, Kamis (19/9).

Harry berharap, pihaknya bersama pemerintah bisa bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan tambang di Wawonii.

“Butuh peran semua pihak agar masalah disana dapat segera diselesaikan, agar situasi kemananan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif,” kata Harry.

Harry bilang, hingga kini beberap personel kepolisian masih disiagakan di sekitar lokasi tambang. Dia mengklaim, situasi di Wawonii masih kondusif.

Diketahui, Komnas-HAM sudah berkunjung ke Polda Sultra. Dalam pertemuan itu, Komnas-HAM meminta Polda Sultra menghentikan proses hukum terhadap warga, sebelum masalah pokok terselesaikan. (p2/man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top