Lingkar Sultra

PMI Butur Gelar Donor Darah

Wakil Bupati Butur Ramadio saat melakukan donor darah

BURANGA, BKK – Memperingati hari jadi Palang Merah Indonesia (PMI) ke-74, PMI Kabupaten Buton Utara (Butur) menyelenggarakan aksi donor darah, Kamis (19/9). Kegiatan  tersebut dipusatkan di aula dinas kesehatan setempat.

Dalam aksi donor darah itu, Ketua PMI Butur Ramadio ikut serta menyumbangkan darahnya. Selain itu, Koramil Kulisusu banyak mengirim anggotanya untuk mendonorkan darahnya, serta beberapa pendonor dari ASN lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Butur.

Ramadio saat ditemui di tempat kegiatan donor darah mengatakan, pihaknya masih berupaya dalam pengadaan bank darah. Langkah yang dilakukannya bakal berkoordinasi dengan Bupati Butur Abu Hasan untuk pengadaan bank darah yang seharusnya ada di wilayah setempat.

“Selama ini kebutuhan darah diambil dari Kendari atau Baubau. Jadi target 2020, saya akan coba diskusikan sama pak bupati untuk kepentingan pengadaan bank darah,” kata Wakil Bupati Buturr ini.

Menurutnya,  pengadaan bank darah bagian dari program prioritas. Pasalnya, banyak pasien terkendala kebutuhan darah utamanya ketika operasi.

Untuk itu, pengadaan bank darah akan berupaya diadakan di Butur demi memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Prinsipnya sama merujuk pada kepentingan masyarakat, bagaimana untuk mengatasi permasalah-permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan. Saya yakin pemerintah akan memberikan dukungan moril maupun dari segi anggaran. Saya yakin Pemerintah punya kemauan kepedulian yang besar untuk kita,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Markas PMI Butur Khaidhar Ma’ruuf mengungkapkan, agenda aksi donor darah sudah berlangsung sejak 2017 yang saat itu dihasilkan 76 kantong darah. Tahun ini ditargetkan 200 kantong darah.

Meski demikian, ada sedikit kendala terkait ketersediaan kantung darah di UTD PMI provinsi hanya 120.

“Transnportasi ke Kendari butuh waktu 12 paling maksimal, jadi perkiraan 6 jam tiba di Kendari. Jadi selesai diambil ini langsung berangkat ke Kendari dengan jumlah persediaan 120 kantong,” ucapnya. (r5/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top