Kasuistika

Kasus Narkoba Oknum Sipir Lapas Kendari Bakal Bergulir di Meja Hijau

KENDARI, BKK – Pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) sedang menyusun dakwaan kasus penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oknum sipir Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Kendari, Kaharuddin alias Kahar (34).

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sultra Janes Mamangkey pada wartawan koran ini, Kamis (19/9), menyebutkan bahwa dakwaan yang telah disiapkan pihaknya, segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari.

“Penyerahan tahap II (tersangka dan barang bukti) telah diterima, Senin (16/9) lalu. Jaksa Penuntut Umum (JPU) selanjutnya menyiapkan dakwaan untuk dilimpahkan ke PN Kendari,” terang Janes ditemui di ruang kerjanya.

Setelah pelimpahan berkas dakwaan ke pengadilan, lanjut Janes, pihaknya tinggal menunggu penetapan jadwal sidang.

“Ada jangka waktu penyiapan dakwaan itu, tapi jaksa yang tangani bakal secepatnya menyelesaikan dakwaannya,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kahar diringkus petugas BNNP di kediamannya, di Kelurahan Bende Kecamatan Kadia Kota Kendari, Selasa (30/7), sekira pukul 13.00 Wita. Saat penangkapan, petugas menyita barang bukti narkotika jenis ganja seberat 16 gram dan sabu-sabu seberat 14 gram.

Pihak Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sultra memastikan bakal memecat oknum sipir yang terlibat penyalahgunaan narkoba, termasuk Kaharuddin ini.

Usulan pemecatan masih menunggu proses hukumnya selesai dan disebutkan oknum sipir tersebut sejak dalam proses penahanan sudah dinonaktifkan. (p2/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top