Lingkar Sultra

Incar Kemenangan, Salah Satu Cakades di Kolut Diduga Boyong Keluarga Pindah Kampung

LASUSUA, BKK – Demi  meraih kemenangan pada pemilihan kepala desa (pilkades), salah satu Calon Kepala Desa Parulampe Kecamatan Batu Putih Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) diduga sengaja memboyong keluarganya dari daerah lain untuk masuk menjadi warga di desa tempatnya akan bertarung itu.

Hal ini dibenarkan Sekertaris Desa Parulampe  Andi Bustam. Katanya mendekati pilkades yang akan digelar Nopember mendatang, ratusan warga dari desa lain tiba-tiba  saja memilih pindah di desanya. Bahkan, warga tersebut telah memiliki kartu tanda penduduk (KTP) dengan alamat  Desa Parulampe.

“Jumlahnya sekitar 125 orang yang pindah di desa kami pak, bahkan warga yang diketahui berasal dari berbagai desa tetangga ini tidak mengantongi rekomendasi pindah penduduk,” kata Andi Bustam, Kamis (19/9).

Selain itu, lanjut Bustam, para warga ini belum pernah melapor ke pemerintah untuk menjadi penduduk Desa Parulampe, namun tiba-tiba  datang mengaku sebagai warga dan minta untuk dimasukan dalam daftar pemilih tetap (DPT).

“Ratusan warga ini punya KTP yang diterbitkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil) dengan alamat Desa Parulampe. Mereka minta untuk dimasukkan dalam DPT untuk pilkades,” ujar Bustam.

Menurut dia, ada salah satu cakades dari Parulampe yang melakukan mobilisasi warga dengan menguruskan semua dokumen pindah termasuk memfasilitasi warga tersebut untuk memperoleh KTP.

“Hasil klarifikasi di disdukcapil, bahwa dalam undang-undang bagi warga yang akan pindah penduduk tidak disyaratkan lagi harus memiliki dokumen pindah penduduk,” jelas Bustam.

Namun demikian, menurut Bustam, sejumlah warga ini belum bisa ikut memilih pada pilkades nanti dikarenakan salah satu syarat untuk masuk dalam DPT, warga tersebut haruslah berdomisili di desa terkait paling lama 6 bulan.

“Mobilisasi penduduk ini sudah kami laporkan di kepolisian. Apakah ada unsur pidananya atau tidak,  kami serahkan sepenuhnya pada pihak yang berwajib,” tutur Bustam. (r6/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top