Lingkar Sultra

2020, Pemda Butur Fokus Bangun 5 Sektor

Darso/BKK
Bupati Butur Abu Hasan menyerahkan draf KUA-PPAS APBD 2020 ke Ketua DPRD Butur Muh Rukman Basri Zakariah.

BURANGA, BKK- Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) bakal memprioritaskan 5 sektor pembangunan di tahun depan, yang dituangkan dalam dokumen draf rancangan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) APBD 2020.

Kelima sektor tersebut yakni pemerataan pembangunan infrastruktur dasar penunjang kesejahteraan masyarakat, pengembangan ekonomi kerakyatan berbasis kawasan dan sistem agribisnis, penguatan birokrasi pelayanan masyarakat dan kelembagaan ekonomi desa, pembangunan dan pelayanan umum, pendidikan dan kesehatan, serta penataan ruang dan pengelolaan lingkungan.

Bupati Butur Abu Hasan mengatakan, untuk mencapai target pembangunan di 2020 itu, diperlukan sumber penerimaan daerah untuk membiayainya.

“Ini penting untuk mengukur kemampuan keuangan daerah dalam meracik strategi serta menyusun prioritas program dan kegiatan,” kata Abu Hasan pada sidang paripuran penyerahan KUA-PPAS di Gedung Serba Guna DPRD Butur,  Rabu (18/9).

Abu Hasan mengaku tetap konsisten mengalokasikan anggaran sesuai peraturan perundang-undangan. Di mana, fungsi pendidikan dan kesehatan masing-masing minimal sebesar  20 % dan 10 % dari total APBD Butur, sedangkan belanja infrastrukur daerah sebesar 25 %, serta pendamping dana kelurahan sebesar dana desa terkecil.

“Prinsipnya agenda pembangunan daerah merupakan satu kesatuan dalam mendukung agenda pembangunan nasional dan provinsi,” ujarnya.

Upaya koordinasi, sinkronisasi dan sinergi program serta kegiatan dengan pemerintah, sambung Abu Hasan, turut menjadi perhatian dalam menyusun prioritas belanja daerah. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi tumpang tindih antara program dan kegiatan yang bersumber dari APBD kabupaten, APBD provinsi, dan APBN.

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Butur Muh Rukman Basri Zakariah, mengingatkan TAPD agar menyiapkan draf dokumen KUA-PPAS tersebut. Ia berjanji pembahasan akan dilakukan pihaknya dalam waktu dekat ini.

“Pembahasan akan segera dilakukan,” singkatnya. (r5/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top