Headline

Hati-Hati dengan Api! Sudah 3 Rumah Terbakar dalam 12 Hari Ini

Kondisi ruko pascapemadaman api. (SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK- Kebakaran rumah toko (ruko) di perempatan Pasar Sentral Wuawua, Kamis (12/9), menjadi kasus kebakaran ke-8 dalam 12 hari ini selama September.

Ruko 3 lantai yang menjual perlengkapan variasi mobil itu terbakar sekitar pukul 11.00 Wita.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Meski demikian, api baru dapat dijinakkan setelah melalap habis bagian gudang penyimpanan barang, termasuk menghanguskan 1 mobil pick up yang terparkir depan gudang.

Salah seorang karyawan toko variasi mobil tersebut, Irwan (23) yang ditemui wartawan koran ini di lokasi kejadian menyebutkan, awalnya dirinya melihat asap muncul dari gudang yang saat itu ada 2 pekerja yang sedang mengelas besi.

Tak lama kemudian, salah satu pekerja keluar meminta air karena api sudah mulai menjalar.

“Karena barang-barang di dalam itu mudah terbakar, api susah dipadamkan, hingga membesar. Tadi langsung kita hubungi pemadam kebakaran,” terang Irwan.

Saat kejadian, Irwan menyebutkan ada 1 pembantu rumah tangga yang hampir terjebak di lantai 2 ruko, karena asap yang muncul dari kebakaran tersebut sangat tebal. Nasib baik, pembantu itu berhasil keluar dari ruko.

“Tadi kita selamatkan barang-barang yang bisa kita angkat,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari Ali Kibu mengatakan, pihaknya sementara ini menduga kebakaran ini disebabkan percikan api las.

Dia menyebut, total mobil yang diturunkan untuk melakukan pemadaman di lapangan sebanyak 6 unit dan 2 unit lainnya untuk menyuplai air.

“Total personel yang kami turunkan kurang lebih 20 orang,” sebutnya.

Dia mengatakan, kasus kebakaran ini merupakan kasus ke-8 sepanjang September ini. Terdiri dari 1 ruko, 1 rumah warga, 1 rumah kos, dan 5 kebakaran lahan.

“Kepada seluruh warga Kota Kendari untuk lebih waspada terhadap terjadinya kebakaran, khususnya selama musim kemarau ini,” anjurnya. (r2-p2/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top