Headline

DPRD Kendari Pastikan Penetapan APBD-P Tidak Menyeberang Bulan

KENDARI, BKK- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari memastikan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2019 tidak bergeser dari batas waktu yang ditetapkan sesuai undang-undang.

“Memang saat ini kita belum ada jadwal penetapan APBD-P itu, akan tetapi secepatnya akan kita tetapkan. Saat ini draf APBD-P yang dibahas oleh DPRD lama sedang dipelajari oleh DPRD baru, untuk mengetahui apa isi pembahasan APBD-P itu,” jelas Ketua Sementara DPRD Kota Kendari Subhan ST, saat ditemui wartawan koran ini, Kamis (12/9).

Subhan juga menjelaskan, DPRD saat ini memiliki 2 opsi dalam menyikapi penetapan APBD-P, yaitu, menunggu ketua definitif atau mengikuti peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa ketua sementara bisa menetapkan APBD-P.

“Kita masih tunggu ketua definitif, yang katanya minggu ini namanya akan keluar. Tapi, kalau minggu ini juga belum ada pengumuman terkait itu, akan kita ikuti aturan dari Kemendagri dan segera kita tetapkan,” tegasnya.

Sementara, Sekretaris Dewan (Sekwan) Asni Bonea juga berpendapat sama. Menurutnya, DPRD bisa secepatnya menetapkan APBD-P tanpa menunggu ketua definitif.

“Aturan yang diberikan Kemendagri saat kita konsultasi kan jelas, bahwa ketua sementara bisa menetapkan APBD-P kalau waktunya mepet,” beber Asni.

Sebelumnya, Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Hj Nahwa Umar berharap, penetapan APBD-P 2019 segera dilakukan. Karena dalam undang-undang tidak mengenal ketua sementara, tetapi yang dikenal adalah DPRD-nya.

“Kita harap dalam waktu yang tidak lama APBD-P bisa ditetapkan. Sekalipun masih ada kendala, karena dengan persoalan ini, masyarakat juga bisa menilai kenapa hingga kini APBD-P belum juga ditetapkan, padahal pembahasan sudah dilakukan,” ujar Nahwa (p1-r2/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top