Lingkar Sultra

Terobos Barikade Satpol PP, Mahasiswa  Agresif Tagih Janji Pemkab Konawe

Irman/BKK
Kelompok massa  berusaha menerobos masuk ke Kantor Bupati Konawe dalam rangka menagih janji pembangunan asrama di Kota Kendari.

UNAAHA, BKK – Sekelompok mahasiswa bertandang ke Kantor Bupati Konawe, Rabu (11/9), untuk menagih pemerintah kabupaten (pemkab) setempat, yang sejak 2015 lalu berjanji akan membangun asrama mahasiswa di Kota Kendari.

Ratusan mahasiswa asal Konawe yang kuliah di Kendari ini sempat dihalangi untuk masuk ke gedung perkantoran. Namun, mereka berhasil menerobos barikade  Satpol PP yang berjaga hingga berhasil tembus masuk ke kantor bupati.

Peristiwa ini disayangkan pihak Polres Konawe. Lemahnya sistem pengawalan Satpol PP  yang tidak sesuai dengan standar pengamanan protkoler yang seharusnya, sehingga massa bisa masuk seagresif itu.

Kabag Opersional Polres Konawe Kompol Jufri mengatakan, barikade Satpol PP Konawe tidak seharusnya melemah seperti ini dalam mengawal pengunjukrasa di kantor bupati.

“Satpol harus menjamin keamanan pemkab. Bukan seperti ini. Pengunjukrasa ini sudah melampaui batas. Seharusnya cukup menyampaikan aspirasi sampai di gerbang saja. Tetapi karena persiapannya kurang, maka pengunjukrasa ini leluasa menorobos gerbang. Bahkan pintu gerbang sampai dirusak,”ujarnya saat menggelar apel bersama dengan satpol usai demonstrasi itu berlangsung.

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara yang menemui massa aksi mengaku, pihaknya bersedia memfasilitas pembangunan asrama mahisiswa Konawe. Bahkan ia berjanji jika tidak terealisasi pada 2020 mendatang, ia bersedia meninggalkan jabatannya.

Dikatakan, pembangunan sektor pendidikan merupakan salah satu program prioritas dalam janji politik pemerintah saat ini. Berkaitan dengan pembangunan asrama mahasiswa tersebut tidak perlu dialokasikan melalui APBD, tetapi akan dianggarkan melalui CSR perusahaan.

“Ada 21 perusahaan tambang  yang sedang menjalankan usahanya di Konawe dan saya akan memanggil untuk membicarakannya mengenai CSR yang diperuntukkan untuk pembangunan asrama ini. Saya meminta dukungan kepada adik-adik  (mahasiswa, red), bantu kawal pemkab memperjuangkan ini,”paparnya. (irm/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top