Pendidikan

Sulkarnain Beri Motovasi kepada Ribuan Peserta PKKBMB

H Sulkarnain saat membawakan kuliah umum di STIKES Mandala Waluya, Rabu (11/9). (FOTO: NIRWAN/BKK)

KENDARI, BKK – Bawakan Kuliah Umum, Wali Kota Kendari H Sulkarnain beri motivasi kepada ribuan peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKBMB) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mandaya Waluya Kendari angkatan 2019, Rabu (11/9).

Ribuan peserta tampak serius mengikuti arahan dan motivasi yang diberikan wali kota, hal ini terlihat dari antusiasme mereka (peserta) selama menerima materi.

“Saya mengingatkan bahwa setiap orang dalam hidupnya pasti memiliki masalah. Besar kecilnya masalah tergantung seberapa besar kemampuan seseorang menghadapinya,” ujarnya.

Jadi, ucap dia, masalah akan timbul tergantung dari seberapa mampu seseorang menghadapinya.

“Untuk mengatasi masalah dalam hidup ini hanya ada 1 caranya. Yaitu, kemampuan kita harus ditingkatkan. Jika tidak memiliki kemampuan, maka kita akan terus menjalani hidup ini dengan penuh beban dan juga bisa menjadi beban untuk orang lain,” anjurnya.

Dijelaskannya, kemampuan yang dimaksud bukan hanya dalam arti sempit, namun dalam arti luas.

“Mungkin kita banyak tahu, orang hebat itu kalau memiliki kecerdasan intelektual, emosional, spiritual,” paparnya.

Menurutnya, hal itu tidak cukup, yakni harus memiliki kecerdasan finansial. Sebab, alas dia, terkadang kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual sedikit terganggu jika tidak disertai dengan kecerdasarn finansial yakni kemampuan mengelola keuangan.

“Jadi, walaupun kampus ini fokus di bidang kesehatan, tapi apapun itu tetap saja kemampuan mengelolah finansial harus dimiliki, untuk menjalani kehidupan di masa depan,” tuntasnya. (r2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top