Pendidikan

Ratusan Mahasiswa Pascasarjana Ikuti Kuliah Umum

Pelaksanaan kuliah umum yang dilaksamakan oleh PPs UHO. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Ratusan mahasiswa program pascasarjana (PPs) Universitas Halu Oleo (UHO), mengikuti Kuliah Umum yang bertajuk “Reflecting on Our Situations as Graduate Students“, Selasa (10/9).

Pemateri Kuliah  Umum Profesor Yazid Basthomi mengatakan, kegiatan tersebut digelar guna memberikan arahan dan penguatan bagi para mahasiswa pascasarjana.

Dia bilang, kuliah umum ini diikuti mahasiswa dari berbagai latar belakang departemen, seperti Keguruan Bahasa, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Budaya, dan Pendidikan Bahasa Indonesia.

“Kita memerlukan kemampuan fleksibilitas, yakni kemampuan untuk mudah menyesuaikan diri terhadap perkembangan sesuatu, karena kita saat ini berhadapan dengan perkembangan ‘Infotech dan Biotech’,” kata Pakar English Language Teaching (ELT) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Jawa Timur (Jatim) itu.

Menurutnya, Infotech atau teknologi informasi dan Biotech akan mengalami perkembangan ilmu yang sangat cepat.

“Perubahannya sangat sulit untuk diprediksi. Kita harus mempersiapkan diri dengan lebih fleksibel terhadap perubahan sosial ke depan,” imbuhnya.

Untuk itu, papar dia, mahasiswa program pascasarjana UHO diharapkan mampu beradaptasi dengan tuntutan perubahan di tengah kondisi global, yang penuh dengan ketidak pastian.

Ketua Prodi Keguruan Bahasa Alberth mengatakan, kegiatan ini pada dasarnya adalah bentuk penguatan dan refleksi bagi mahasiswa pascasarjana, tentang karakter-karakter apa saja yang diharapkan dapat dimunculkan oleh mahasiswa dalam menghadapi era yang penuh dengan ketidak pastian ini.

“Kedepannya kami akan mengadakan kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah, bagi mahasiswa dan dosen,” pungkasnya. (cr1/r2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top