Suksesi

Istilah Dana Kampanye Diganti Jadi Dana Pemilu

KENDARI, BKK- Istilah dana kampanye yang selama ini akrab di telinga masyarakat dipastikan tak akan lagi terpakai di pemilu maupun di pilkada ke depan. Pasalnya, istilah dana kampanye telah diubah komisi pemilihan umum (KPU) menjadi dana pemilu.

Hal ini disepakati dalam rapat evaluasi KPU Sultra bersama KPU kabupatem/kota rapat evaluasi fasilitasi pelaporan dana kampanye yang dilakukan selama 3 hari, di Hotel Claro Kendari.

Komisioner KPU Sultra, Ade Suerani mengatakan, alasan mengganti istilah tersebut karena pembiayaan pemenangan bukan saja untuk masa kampanye tapi juga sejak awal tahapan pemilu hingga hari pemungutan suara.

“Dalam rapat ada beberapa perbaikan yaitu penyederhanaan laporan dana pemilu dari 3 menjadi 2 jenis yaitu LADP (laporan awal dana pemilu) dan LPPDP (laporan penerimaan dan pengeluaran dana pemilu) atau laporan awal dan laporan akhir saja. Dan, materi laporan tetap memasukan penerimaan atau sumbangan dan pengeluaraan, untuk membedakan periodisasi pelaporan,” jelasnya, Selasa (10/9).

Perbaikan lain, beber Ade, periode pelaporan LADP yang memuat laporan penerimaan dan pengeluaran sejak dimulainya tahapan pemilu sampai dengan penetapan calon (DCT). Sedangkan LPPDP sejak penutupan pembukuan LADP sampai dengan 3 hari setelah hari pemungutan suara.

“Selain itu, kita sepakati agar penyerahan LPPDP tidak lama rentang waktunya dengan hari pemungutan suara. Karena ketika hasil telah diketahui oleh peserta yang menghitung sendiri dan hasilnya tidak mendapatkan kursi, mereka akan abai oleh kewajibannya melaporkan LPPDK,” terangnya.

Ade menambahkan, dana pemilu, wajib ditempatkan di rekening khusus dana pemilu dan terhadap yang tidak mengindahkan dikenai sanksi, berupa denda sejumlah uang, dan diserahkan ke kas negara.  

“Hasil kesepakana tersebut aka kita bawa bawa pada rapat KPU se-Indonesia untuk di sahkan,” tuntas Ade. (p1/man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top