Bisnis & Ekonomi

BI Fokus Jaga Kelancaran Sistem Pembayaran dan Ketersediaan Uang di Masyarakat

Kepala KPwBI Sultra, Suharman Tabrani (ketiga dari kanan).

KENDARI, BKK – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra), fokus menjaga kelancaran sistem pembayaran dan ketersediaan uang di masyarakat khususnya di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

Untuk melakukan hal itu, Kantor Perwakilan (KPw) BI Sultra melakukan penandatangan dengan Bank Sultra sebagai partner dalam program BI Jangkau di Sultra, dengan pertimbangan jaringan kantor Bank Sultra yang hadir di seluruh penjuru Sultra hingga ke wilayah 3T.

Kepala KPwBI Provinsi Sultra Suharman Tabrani menjelaskan, secara nasional BI telah melakukan pilot project pelaksanaan BI Jangkau di 12 lokasi daerah 3T di 2018. Pelaksanaannya, kata dia, berjalan optimal sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

“Berdasarkan pengalaman tersebut kami yakin bersama Bank Sultra, BI jangkau dapat menghadirkan rupiah yang layak edar dan tepat pecahannya sampai ke ujung daerah 3T di Sultra,” ujarnya, Senin (9/9).

Dia mengungkapkan, sesuai dengan undang-undang (UU) No 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia yang terakhir diubah dengan UU No 6 tahun 2009, disebutkan bahwa salah satu tugas BI adalah menjaga kelancaran sistem pembayaran dengan memastikan ketersediaan uang di masyarakat dalam jumlah nominal yang cukup, sesuai pecahan, tepat waktu, dan dalam kondisi yang layak edar.

Namun pada prakteknya dengan titik distribusi yang telah ditetapkan, kata dia, masih ditemukan beberapa hal di masyarakat antara. Seperti, sebut dia, pecahan dan tingkat kelusuhan yang belum sesuai di kecamatan maupun di desa.

“Untuk menangani masalah tersebut diperlukan suatau mekanisme distribusi yang bersifat struktural, dan lebih kontinue atau berkesinambungan untuk memberikan layanan kas kepada masyarakat di wilayah kecamatan atau pun desa,” tuntasnya. (p4/r2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top