Aktualita

50 Pelaku Usaha di Butur Dilatih Tingkatkan Produktivitas

Bupati Butur Abu Hasan memberikan sambutan pada pembukaan pelatihan pelaku usaha.

BURANGA, BKK- Sebanyai 50 pelaku UMKM berbagai bidang usaha di Kabupaten Buton Utara (Butur) mengikuti pelatihan yang digelar UPTP Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat. Pelatihan ini direncanakan akan berlangsung selama 5 hari, mulai 9 hingga 13 September 2019.

Pelatihannya menggunakan 3 metode, yaitu dalam bentuk kuliah atau ceramah, diskusi, dan praktek. Tim pengajarnya sendiri dari instruktur BPP Kendari.

Ketua Panitia, M Rajab Rusman ditemui disela-sela pelatihan di salah satu hotel di Butur mengatakan, Senin (9/9), kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja melalui pembekalan materi pelatihan tentang alat, teknik, dan metode peningkatan produktivitas.

“Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan dan skill serta kualitas tenaga kerja dalam menjalankan pekerjaannya, sehingga tercipta pekerja-pekerja yang sadar akan perlunya peningkatan produktivitas. Juga mampu menjadi praktisi peningkatan produktivitas di perusahaan,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Butur Abu Hasan saat membuka kegiatan itu menerangkan, peningkatan produktivitas memang menjadi salah satu tantangan di Indonesia, tidak terkecuali di daerah yang dipimpinnya. Sehingga, pihaknya sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan seperti ini.

Selain pelatihan yang diselenggarakan BPP,  ungkap mantan kepala Biro Ortala Pemprov Sultra ini pelaku usaha di Butur juga sudah seringkali mengikuti pelatihan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari.

Kata dia, hadirnya kedua lembaga tersebut akan sangat bermanfaat bagi kemajuan kualitas maupun produktivitas para pelaku UMKM di daerah otoritasnya.

“Pelatihan hari ini, pelaku usaha yang sudah memiliki keterampilan, dilatih keterampilan khusus. Kalau pelatihan ini untuk meningkatkan produktivitas,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan ini dinilai sangat penting. Olehnya itu, ia mengingatkan kepada para peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik dan sungguh-sungguh. Dengan harapan, peningkatan produktivitas para pelaku usaha di derah itu bisa terwujud. (r5/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top