Pendidikan

  Ratusan Maba UT Kendari Ikuti OSMB

KENDARI, BKK- Sebanyak 198 Mahasiswa Baru (Maba) Universitas Terbuka (UT) Kendari, mengikuti Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Tahun Ajaran (TA) 2019-2020, di Aula UT Kendari, Sabtu (7/9).

Direktur UT Kendari Drs Effendi M  MHum mengatakan, OSMB  di UT Kendari merupakan kegiatan pengenalan terkait proses belajar di perguruan tinggi (PT), khususnya di UT yang menerapkan sistem belajar jarak jauh.

“OSMB ditekankan pada proses belajar mandiri,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan OSMB dimaksudkan agar maba lebih mengenal dan memahami lingkungan UT. Yakni, sebut dia, sebagai suatu lingkungan akademis, serta memahami mekanisme yang berlaku didalamnya.

“Selain itu, kami melaksanakan OSMB yang diikuti ratusan maba (peserta) untuk menambah wawasan maba, dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di UT secara maksimal,” paparnya.

Yang terpenting, lanjutnya, mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar mandiri serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di UT.

Dengan begitu, beber dia, maba akan memiliki rasa tanggung jawab akademik dan sosialnya, sebagaimana yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kita berikan mereka bekal, baik informasi maupun pengetahuan tentang lembaga UT sebagai PT Negeri ke-45 di Indonesia, yang memang khusus untuk pendidikan atau perkuliahan jarak jauh,” jelasnya.

Disebutkannya, pelaksanaan OSMB akan digelar secara bertahap di beberapa kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Kami berharap mereka memiliki ketahanan dalam belajar, dan tidak menurun motivasinya dalam mengikuti proses belajar mandiri di UT,” pungkasnya. (cr1/r2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top