Aktualita

Pegiat Tenun Harap Peran Pemerintah Majukan Kearifan Lokal

KENDARI, BKK – Sultra Tenun mengharap peran serta pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk memajukan kearifan lokal, khususnya Tenun Sultra.

“Saat ini sudah ada beberapa daerah di Sultra yang telah memiliki tenun khas daerahnya. Seperti Tenun Kota Kendari, Bombana, Buton, dan Muna,” ujar pemilik Toko Sultra, Wa Ode Arnas Gusri, Minggu (8/9).

Dia mengaku, minat konsumen untuk memiliki tenun khas Sultra sangat baik, disebabkan motifnya dan kualitasnya sangat terjamin.

“Meskipun kami akui, kendala yang kami hadapi saat ini adalah masih kurangnya promosi dari berbagai pihak terhadap Tenun Sultra ini,” paparnya.

Jika promosi semakin banyak, kata dia, itu hal yang sangan baik.

“Jadi, saya berharap dengan terobosan yang kami lakukan dalam mempromosikan Tenun Sultra kepada masyarakat, berbagai pihak juga tertarik untuk melakukan hal yang sama,” imbuhnya.

Hal itu menurutnya, sangat penting dilakukan mengingat Tenun Sultra ini merupakan kekayaan budaya daerah Sultra, yang memiliki keunggulan di sektor ekonomi dan pariwisasta.

“Hingga kini sudah banyak jenis yang tersedia di toko kami. Kami harap 17 kabupaten/kota, masing-masing bisa mempunyai jenis (tenun) sendiri,” pintanya.

Bagi daerah yang belum memiliki motif tenun, dia bersedia untuk membantu untuk menggali kearifan lokal di daerah tersebut. (r2/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top