Berita Kota Kendari Online
Cerdas Menyatakan Lantang Menyuarakan

Titin Nurbaya, Anggota DPRD Sultra Peraih Suara Terbanyak

6
Nur Sinapoy
Titin Nurbaya Saranani.

Kendari, BKK- Seorang wanita mencatatkan namanya di papan rekor sebagai peraih suara terbanyak anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Dia adalah Titin Nurbaya Saranani.

Anggota dewan terpilih periode 2019-2024 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra pada Selasa (13/8).

Titin Nurbaya politikus Partai Amanat Nasional (PAN) dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra 6 yang meliputi Konawe, Konawe Utara (Konut), dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Titin yang tidak lain istri Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa meraup 26.111 suara. Titin sebelumnya adalah anggota DPRD Konawe periode 2014-2019.

Pesaing terdekatnya, Nur Ihsan, dari Partai Demokrat Dapil Sultra 5 yang meliputi Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka Timur (Koltim). Nur Ihsan meraih 24.940 suara.

Caleg dengan pengumpulan suara paling kecil adalah Muh Nur Sinapoy, anggota legislatif (aleg) asal NasDem dengan koleksi 2.373 suara.

Ia mengisi kursi yang ditinggalkan almarhum Yati Lukman. Yati, yang bertarung di Dapil Sultra 6 meraih 13.737 suara. Jarak antara peraih suara terbanyak pertama dan kedua di NasDem sangat jauh.

Yati Lukman, yang tidak lain istri Wakil Gubernur Lukman Abunawas tutup usia pada 27 Juni 2019 lalu di Rumah Sakit (RS) Wahidin Sudirohusodo Makassar, akibat hepatitis B.

Nur Sinapoy pernah menjadi Penjabat (Pj) Bupati Konkep pada 2013-2015. Saat ditunjuk, dia menjabat Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe.

Ia kemudian mencalonkan diri di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konkep pada 2015 berpasangan dengan Abdul Salam. Namun, keduanya dikalahkan pasangan  Amrullah-Andi Muh Lutfi.

Meski begitu, Nur Sinapoy tidak sendirian sebagai pemilik suara berjumlah 2000-an. Ada juga Haeruddin Konde dengan perolehan 2.898 suara, caleg Gerindra yang merebut kursi ke-10 Dapil Sultra 4 yang meliputi Buton, Wakatobi, Baubau, dan Buton Selatan (Busel).

Orang yang mengumpulkan 26 ribu suara dengan yang hanya mendapat 2 ribu suara bisa mengecap status sosial dan kemewahan yang sama. (p1/iis)

Leave A Reply

Your email address will not be published.