Kasuistika

Selama Operasi Patuh, Kapolda Minta Polisi Hilangkan Sikap Arogan

Kesiapan personel saat apel gelar pasukan di Mapolda Sultra (SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK- Kepala Kepolisi Daerah (Kapolda) Sultra, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjenpol) Iriyanto SIK, memimpin langsung apel gelar pasukan Operasi Patuh Anoa 2019, Kamis (29/8).

Dalam sambutannya, Iriyanto menegaskan selama operasi patuh anoa yang digelar 14 hari tersebut, aparat harus profesional, bermoral dan humanis.

“Ini untuk membangun opini dan kepercayaan masyarakat terhadap polisi lalu lintas (polantas). Sehingga, meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam mewujudkan keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas,” terang Iriyanto dalam apel gelar pasukan di halaman Mapolda Sultra kemarin.

Iriyanto menyebutkan, penegakan hukum harus dilakukan secara humanis, namun tetap tegas dalam menindak pengendara yang melanggar.

“Hal terpenting dan jadi penekanan adalah sikap arogan dihilangkan, mengedepankan kewenangan, serta tindakan membebani masyarakat seperti pungutan liar, karena tidakan tersebut dapat membuat operasi patuh jadi kontraproduktif dalam upaya menciptakan tujuan operasi tersebut,” kata Iriyanto.

Diberitakan sebelumnya, operasi penertiban lalu lintas yang diberi nama Operasi Patuh Anoa 2019 digelar mulai, Kamis (29/8), dan akan berlangsung selama 14 hari.

Sasaran operasi tersebut yakni pengendara di jalan, baik roda 2 dan roda 4. Penindakan akan dilakukan pada 8 jenis pelanggaran yang terdiri pengemudi di bawah umur, melawan arus, pengendara motor yang tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI), pengendara mabuk, menggunakan handphone saat berkendara, pengendara yang kelebihan kapasitas, kelebihan kecepatan, serta pengendara roda 4 yang tidak gunakan safety belt.

Target setelah Operasi Patuh Anoa yakni terwujudnya keamanan, keselamatan, dan ketertiban lalu lintas yang lebih baik, serta meningkatkan ketertiban dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. (p2/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top