Aktualita

Semarakkan HUT-RI, Pemkab Butur Gelar Pagelaran Kesenian Daerah

Salah satu tari daerah Butur dipertontonkan pada acara pembukaan pagelaran kesenian daerah.

BURANGA, BKK- Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan meminta kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengembangkan budaya lokal dengan membuat berbagai program atraksi kebudayaan khas Butur. Hal itu dilakukan agar budaya di daerah itu terus dilestarikan.

Demikian dikatakan Bupati Butur ketika membuka secara resmi pagelaran kesenian daerah yang dirangkaikan dengan Festival Barata Kulisusu II dan Wonderful Sail Indonesia III. Pembukaan kegiatan tersebut berlangsung di Lapangan Raja Jin Kulisusu, Selasa (13/8) malam.

“Dengan hadirnya wisatawan mancanegara yang tergabung dalam sail wonderful di Buton Utara setiap tahunya, maka diharapkan Festival Barata Kulisusu dikemas lebih matang, dengan menghadirkan atraksi-atraksi budaya yang lebih banyak lagi. Kalau perlu setiap bulannya dilaksanakan atraksi budaya,” katanya.

Mantan Karohumas Sultra ini ikut mengapresiasi terselenggaranya kegiatan budaya tersebut. Apalagi sifatnya turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI dengan ikut melestarikan nilai-nilai budaya lokal.

“Saya berharap ke depan festival dan pagelaran seni ini bukan hanya sebagai tontonan, akan tetapi bisa menjadi tuntunan bagi generasi yang akan datang,” tuturnya.

Berkait dengan pagelaran kesenian daerah sendiri,  jenis-jenis kesenian yang dilombakan ialah Tari Lense, Tari Ngibi, Tari Balumpa, dan musik Meganda. Ketiga jenis tari yang dilombakan tersebut masing-masing pesertanya berasal dari desa/kelurahan, pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK.

Sedangkan, musik Meganda pesertanya diikuti oleh desa/kelurahan serta organisasi perangkat daerah (OPD). Kegiatan itu dilaksanakan yang selama 3 hari, mulai 13 hingga 15 Agustus 2019. (r5/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top