Kasuistika

Polisi Limpahkan Berkas Perkara 1 Tersangka Korupsi Sewa Alat Berat Perusda Konsel

Pelimpahan tersangka dan barang bukti di kejaksaan. (Foto: Ist)

KENDARI, BKK- Penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) melimpahkan berkas perkara 1 tersangka korupsi sewa alat berat Perusahaan Daerah (Perusda) Konawe Selatan (Konsel) para Rabu (14/8) kemarin.

Pelimpahan tersebut dilakukan usai pihak Kejakasaan Tinggi (Kejati) Sultra menyatakan berkas perkara tersangka Dodo Zakaria itu telah lengkap.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Sultra Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Harry Goldenhardt menyebutkan, perkara dugaan korupsi penyalahgunaan dana kegiatan sewa alat berat jenis excavator dan dump truck pada Perusda Konsel tahun 2013 diduga fiktif. Hal ini melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dengan  UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi Jo Pasal 55 ayat (1).

“Jadi pelaksanaannya, tersangka Dodo Zakaria selaku pemilik alat berat diduga melakukan tindak pidana korupsi bersama 3 tersangka lainnya yang sebelumnya sudah diputus bersalah oleh pengadilan, dan sudah divonis bebas,” terang Harry saat ditemui di Mapolda Sultra kemarin.

Dalam dugaan kasus tersebut, Harry menyebutkan, berkas perkara tersebut masing-masing diajukan terpisah.

“Saat itu tersangka ini, sempat masuk daftar pencarian orang hingga berkas perkaranya baru dilimpahkan ke kejaksaan,” kata Harry.

Harry menambahkan, kerugian negara yang diakibatkan oleh tersangka bersama rekan-rekannya senilai Rp265 juta.

“Penyerahan tersangka dan barang bukti sudah diterima oleh jaksanya. Selanjutnya kasus ini ditangani oleh kejaksaan,” pungkasnya. (p2/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top