Headline

8 Srikandi Tembus DPRD Sultra, 2 di Antaranya Istri Kepala Daerah

Titin Nurbaya Saranani.

Nurlin Surunuddin.

KENDARI, BKK- Sebanyak 8 perempuan mencatatkan diri duduk di gedung wakil rakyat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, yang memperebutkan 45 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra). Dua di antaranya istri kepala daerah.

Demikian hasil pleno penetapan anggota dewan terpilih yang digelar KPU pada Selasa (13/8) malam, di salah satu hotel di Kota Kendari.

Boleh dikata, hampir setiap daerah pemilihan ada kaum Hawa yang lolos. Hanya Dapil Sultra 4 yang tidak ada.

Para wanita hebat itu adalah Sulaeha Sanusi, Nurlin Surunuddin, Wa Ode Sitti Nurlaila, Muniarti M Ridwan, Farhana Malawanggan, Sitti Nurhayati, Titin Nurbaya Saranani, dan Sri Susanti.

Sulaeha Sanusi merupakan calon terpilih di Dapil Sultra 1 Kota Kendari, yang memperebutkan 6 kursi. Ia meraih 5.225 suara dan meyakinan diri lolos bersama 5 calon lain yang didominasi kaum Hawa.

Sedangkan Nurlin Surunuddin meraih suara terbanyak di Dapil Sultra 2 yang meliputi Konawe Selatan (Konsel) dan Bombana, dengan koleksi 16.973 suara.

Dua srikandi ini, Wa Ode Sitti Nurlaila dan Muniarti M Ridwan, sama-sama bersaing di Dapil Sultra 3 yang meliputi Muna, Muna Barat (Mubar), dan Buton Utara (Butur), yang memperebutkan 6 kursi. Alhasil, mereka melenggang mulus, di mana Wa Ode Sitti Nurlaila meraup 10.424 suara, sedangkan Muniarti M Ridwan merangkum 4.793 suara.

Kemudian, Farhana Malawangan dan Siti Nurhayati juga berasal dari dapil yang sama, Dapil Sultra 5 yang meliputi Kolaka, Kolaka Utara (Kolut), Kolaka Timur (Koltim) memperebutkan 9 kursi.

Berkat prestasi yang diraih Sitti Nurhayati 5.618 suara dan Farhana 11.321 suara, mereka berhasil lolos bersama 7 pria lainnya.

Lagi-lagi, dua perempuan berhasil lolos di dapil yang sama, yaitu Sultra 6 yang meliputi Konawe, Konut, Konawe Kepulauan (Konkep).

Mereka adalah Titin Nurbaya yang memborong 26.111 suara dan Sri Susanti yang mencetak 6.208 suara.

Dari 8 srikandi ini, 2 yang merupakan istri kepala daerah tidak lain Nurlin Surunuddin, istri Bupati Konsel Surunuddin Dangga, serta Titin Nurbaya Saranani, yang merupakan istri Bupati Konawe saat ini, Kery Saiful Konggoasa.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan, Selasa (13/8) malam, hasil penetapan jumlah kursi sama dengan hasil yang ditetapkan pada pleno tingkat provinsi pada Mei lalu di hotel yang sama, Claro.

“Perolehan kursi kita sudah hitung berdasarkan sainte lague sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan. Dan, hasil ini juga sama dengan apa yang kita tetapkan pada pleno awal,” ujar Natsir. (p1/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top