Headline

Hari Ini Penetapan Caleg Terpilih DPRD Sultra

KENDARI, BKK- Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pleno penetapan calon legislatif (caleg) terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tenggara (Sultra) pada Selasa (13/8).

Penetapan ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi mengetuk palu semua perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) dari Sultra. MK memutuskan menolak seluruh perkara.

“Insya Allah kita lakukan pleno. Lebaran sudah selesai. Termasuk juga beberapa daerah yang belum melakukan penetapan tersebab menunggu putusan MK, sekarang bisa segera menetapkan calon terpilih,” terang Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir.

KPU Sultra mulai menyebarkan undangan pada Senin (12/8). Natsir melanjutkan, dalam penetapan nanti, KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota yang belum melakukan penetapan, pertama akan melakukan pleno menetapan kursi, kemudian dilanjutkan penetapan calon terpilih.

“Kita ucapkan terima kasih atas doa, ikhtiar, dukungan, kerjasama, dan koordinasi dari semua jenjang penyelenggara pemilu di Sultra sehingga dapat melalui tahapan ini. Hasil ini tidak terlepas dari kontribusi penyelenggara pemilu, jajaran KPU, hingga petugas adhoc,” ungkap Natsir.

Tak lupa Natsir menyampaikan terima kasih pada peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang telah bekerja sama dengan baik selama penyelenggaraan Pemilu 2019. Ia pun berharap putusan MK ini dapat menjadi pelajaran bagi penyelenggara untuk menghadapi 7 Pilkada Serentak 2020.

Diketahui, dari 11 PHPU dari 15 daerah di Sultra yang disidangkan di MK selama 3 hari, terhitung  7-9 Agustus 2019, tak 1 pun yang diterima. Dua Perkara gugur, 2 perkara tidak dapat diterima, dan 7 perkara ditolak. (p1/iis)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top