Lingkar Sultra

Tuntut Harga Dasar, Forum Pemerhati Cengkeh Kolaka Demo di DPRD

Zulfikasr/ BKK
Forum Pemerhati Cengekeh Kolaka saat melakukan aksi unjuk sasa di depan Kantor DPRD Kolaka.

KOLAKA,BKK –  Forum Pemerhati Cengkeh Kolaka melakukan aksi demonstrasi di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka, Kamis (8/8). Dalam aksi tersebut, mereka menuntut anggota dewan dan pemerintah setempat  menetapkan harga dasar terendah cengkeh.

Koordinator aksi, Fajar Malik mengatakan pihaknya mendesak Pemerintah Kabupaten Kolaka agar membuat keputusan peraturan daerah tentang penetapan standar harga cengkeh, dengan harga stabil serta seimbang dengan ongkos yang dikeluarkan petani dalam produksi cengkeh.

“Harga cengkeh saat ini sangat merugikan petani. Cengkeh hanya dihargai kurang lebih Rp70 ribu per kilogram,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai undang-undang, pemerintah wajib melindungi dan membantu petani menghadapi pemasalahan kesulitan dalam memperoleh kebutuhan produksi dan saat terjadinya fluktuasi harga di pasaran.

Komisi II DPRD Kolaka langsung menerima massa aksi tersebut dan melakukan hearing. Dalam rapat  tersebut salah satu anggota dewan , Rusman merekomendasikan pemerintah daerah agar memberdayakan perusahaan daerah untuk ikut andil menekan harga cengkeh di pasaran.

“Perusda harus dilibatkan, biar mereka yang membeli cengkeh dari petani, ketika harga naik baru kemudia dijual,” kata Rusman.

Kata dia, pemda dapat memberikan modal awal ke perusda agar bisa membeli cengkeh petani. Menurutnya, salah satu solusi lainnya adalah dengan menekan biaya produksi seperti pemberian subsidi pupuk.

Tuntutan masyarakat ini pun, akunya, akan ditindaklanjuti untuk disampaikan langsung kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei. (k1/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top