Lingkar Sultra

Satpol PP Kolut Imbau Warga Tak Biarkan Ternaknya Berkeliaran

Drs Ramang

LASUSUA, BKK- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengimbau masyarakat agar tidak membiarkan hewan ternaknya  berkeliaran di tempat umum. Pasalnya, hal itu dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan warga.

Imbauan ini disampaikan langsung Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Kolut Drs Ramang, menyusul banyaknya keluhan masyarakat  terkait adanya gangguan yang ditimbulkan hewan ternak, khususnya sapi dan kambing yang berkeliaran di tempat umum dan merusak usaha perkebunan masyarakat.

“Upaya penertiban hewan ternak ini sudah kami sosialisasikan ke masyarakat. Kami sudah turun langsung menemui para peternak. Alhmadulillah mereka siap menerima dan menjalankan apa yang telah kami sampaikan,” ungkap Ramang di ruang kerjanya.

Di samping untuk menjaga ketertiban umum, upaya penertiban hewan ternak ini, lanjut Ramang, juga merupakan salah satu langkah untuk menyukseskan program revitalisasi kakao, yang saat ini tengah digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut.

“Salah satu keluhan yang kami terima, hewan ternak yang berkeliaran itu sering masuk di kebun warga dan merusak tanaman yang ada di dalamnya. Ini tentu sangat merugikan dan tentu dapat menghambat program revitalisasi kakao, yang dijalankan pemerintah saat ini,” tuturnya.

Mantan Kabag Humas Pemkab Kolut ini menegaskan, upaya penertiban hewan ternak ini telah memiliki payung hukum, yakni Peraturan Daerah (Perda) Kolut Nomor 11 Tahun 2018 Tentang Ketertiban Umum. Sehingga, pihaknya dapat melakukan tindakan represif, jika ke depan masih ada masyarakat yang melanggar.

“Kami Pol PP tentu tidak ingin ada masyarakat yang kami sakiti, karena mereka masyarakat kita. Karena itu kami terus melakukan pendekatan persuasif ke masyarakat khususnya para peternak, agar bagaimana ternak-ternak ini betul-betul dijaga sehingga tidak menggganggu masyarakat lain, atau merusak dan mengotori lingkungan,” jelas Ramang. (r6/nur )

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top