Pendidikan

STIE 66 Kendari Genjot Kualitas Dosen Lewat Seminar Internasional

Bakhtiar Abbas. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK – Peningkatan kualitas dosen menjadi program utama di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi 66 (STIE 66), salah satunya lewat seminar internasional.

Ketua STIE 66 Kendari Bakhtiar Abbas mengatakan, seminar internasional merupakan salah satu program rutin di perguruan tinggi yang dipimpinnya.

Ia menjelaskan, hal tersebut dilakukan tidak lain untuk mengakomodir semua  riset-riset dosen lingkup kampus, baik dosen sebagai peneliti muda maupun peneliti pengembangan.

Dikatakan, riset-riset yang sudah dilakukan bukan sekedar penulisannya untuk jurnal nasional, melainkan lebih berorientasi pada pengembangan jurnal internasional.

“Karena, indikator penilaian dalam peningkatan kinerja dosen dalam riset yakni poin pengembangan jurnal internasionalnya,” ujarnya, Rabu (7/8).

Dia melanjutkan, dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi (PT) menginginkan adanya desain penelitian dosen yang berkesinambungan, tiap tahunnya dimaksimalkan dua kali.

“Untuk mensuport dosen yang disesuaikan dengan taraf penelitian internasional, kita datangkan pembicara dari luar negeri pada seminar internasional, seperti Universitas Malaka Malaysia yang telah berkerja sama dengan kami,” paparnya.

Untuk itu, beber dia, pihaknya mengkhususkan semua dosen pemula maupun senior, untuk melakukan penelitian baik mandiri atau peruntukan pengembangan riset sebelumnya.

Ditambahkannya, baik menggunakan dana sendiri maupun lembaga Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) dalam bentuk hibah penelitian.

“Kita harap, dana hibah yang diberikan lembaga dapat menumbuk kembangkan kemandirian dalam melakukan riset. Karena, selain tugas dan tanggung jawab seorang dosen, juga untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas yang dimiliki sebagai tenaga pendidik  profesional,” tandasnya.

Sehingga, lanjutnya, ke depan tidak menyusahkan lagi dalam mengatur jurnal-jurnal internasional. (cr1/r2)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top