Kasuistika

Polisi Limpahkan Berkas Perkara 37 Tersangka Bentrok di Buton

KENDARI, BKK- Penyidik Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah melimpahkan berkas berkara 37 tersangka kerusuhan di Kabupaten Buton. Berkas perkara tersebut dilimpahkan setelah dinyatakan lengkap oleh pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sultra Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Harry Goldenhardt pada wartawan koran ini, Rabu (7/8), menyebutkan bahwa dari 38 tersangka kerusuhan di Buton, sudah 37 yang berkas perkaranya lengkap dan sudah dilimpahkan.

Sedangkan 1 tersangka, sambung Harry, atas nama Laode Muklis masih menunggu hasil pemeriksaan jaksa.

“Dari 38 itu, lagi 1 tersangka belum dilimpahkan karena menunggu jaksanya masih di luar kota,” terang Harry.

Harry menyebutkan, berkas perkara tersangka yang sudah dilimpahkan tersebut merupakan tersangka perkara kasus perusakan dan kepemilikan senjata tajam saat bentrok di Buton.

“Untuk 1 tersangka pembunuhan yang baru ditangkap atas nama Abdul Wahid masih tahap sidik,” kata Harry.

Terpisah,  Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sultra Janes Mamangkey pada wartawan koran ini, Rabu (7/8), menyebutkan pihaknya menerima pelimpahan berkas perkara tersangka kerusuhan di Buton dari penyidik polda pada Senin (5/7) dan Selasa (6/7) lalu.

“Berkas perkaranya sudah dinyatakan lengkap dan tersangka serta barang bukti juga sudah dilimpahkan ke pununtut umum,” terang Janes.

Selanjutnya, Janes menyebutkan, jaksa penuntut umum akan menyusun surat dakwaan untuk kemudian dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari.

“Sementara tersangka kerusuhan itu ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Kendari,” pungkasnya. (p2/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.

ARSIP

To Top